Ka.KUA SBU RL Sampaikan Kiat Jadikan Anak Penghafal Al-Quran

Ka.KUA SBU RL Sampaikan Kiat Jadikan Anak Penghafal Al-Quran

Bengkulu (Informasi dan Humas) 18/2- Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sindang Beliti Ulu Kabupaten Rejang Lebong Taufik, S.Pd.I mengikuti seminar bedah buku yang berjudul Ayah Bunda Jadikan Aku Hafidz Al-Qur’an  dengan narasumber Muhammad Mahfudz Bin Muhammad Ayyub Al Hafidz yang merupakan penulis Buku Ayah Bunda Jadikan Aku Hafidz Al-Qur’an,  yang dilaksanakan di Masjid Agung Baitul Makmur Curup beberapa hari yang lalu.

Berdasarkan hasil kegiatan tersebut, Langkah pertama bagi orang tua yang menginginkan anaknya hafal al-Qur’an 30 juz mulailah Ketika anak berusia tiga tahun, mulailah memperdengarkan surah-surah tertentu setiap harinya hingga sempurna satu juz. Dan biarkan kegiatan ini berlangsung selama lebih kurang enam bulan. Kita ambil contoh pada juz tiga puluh.

Langkah kedua Setelah diperdengarkan lebih kurang selama enam bulan setiap harinya, maka mulailah mencoba mentalqinnya satu atau dua ayat setiap harinya secara berurut, dimulai dari surah yang pendek-pendek terlebih dahulu, yaitu  an-Naas”.

Dalam hal ini, orang tua  sebagai gurunya harus selalu mengontrol hafalan  anaknya. Waktunya fleksibel dan tidak harus ditentukan.  Bisa disela-sela waktu mainnya, ketika mengajaknya berjalan-jalan, ketika selesai makan, dan waktu-waktu lain yang dianggap tepat.

Selanjutnya Taufik mengatakan, “bagi orang tua yang menginginkan anak hafal Al-Qur’an  ada rumus target hafalan anak usia dini yang pertama : satu hari tiga baris, seminggu 15 baris, satu bulan 4 halaman satu tahun 40 halaman (2 juz) dan tiga Tahun  6 juz”.

Penulis : Halim **
Redaktru: H.Nopian Gustari

Bagikan :