MTsN Kota Donok Tuan Rumah Peserta PPMN Kabupaten Lebong

MTsN Kota Donok Tuan Rumah Peserta PPMN Kabupaten Lebong

Bengkulu (Informasi dan Humas) 12/2- MTsN Kota Donok bertindak sebagai tuan rumah dalam acara Seleksi Peserta Perkemahan Pramuka Nasional (PPMN) Tahun 2016 . Acara seleksi tersebut diawali dengan apel pembukaan seleksi PPMN 2016 di lapangan MTsN Kota Donok. Acara tersebut dihadiri oleh para pegawai Kementerian Agama kabupaten Lebong, para kepala Sekolah MTs baik Negeri maupun Swasta, kemudian para kakak pembina dan para dewan guru beserta para siswa MTsN Kota Donok.Pada acara pembukaan PPMN, yang bertindak sebagai Pembina adalah Drs. Munajam, M.Pd dari Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu. Adapun yang bertindak sebagai pratama adalah siswa MTsN Kota Donok, yakni Feki saputra Utama.

Acara apel pembukaan dimulai pukul 09.00 WIB. Bapak Drs.Munajam,M.Pd. mengharapkan semoga seleksi peserta Perkemahan Pramuka Nasional tahun ini dapat di ikuti oleh para peserta dengan baik.Kemudian beliau menyampaikan, “maksud dan tujuan dari diselenggarakannya PPMN ini adalah untuk menyeleksi para peserta yang akan dikirim mengikuti Perkemahan Pramuka Nasional di Ambon tepatnya di Pantai Nila. Adapun peserta yang akan dipilh untuk ke Provinsi berjumlah 32 orang, dari 32 peserta yang terpilih akan mengikuti training center di bengkulu terlebih dahulu. Setelah mengikuti training center maka peserta yang dipilih hanya 16 peserta untuk dikirim ke Ambon, mengikuti Perkemahan Pramuka Nasional (PPMN)”.

Dalam acara Seleksi Peserta Perkemahan Pramuka Nasional ( PPMN )sangat banyak hal yang akan dinilai, adapun jenis kegiatan yang dinilai antara lain lomba cerdas ceria pramuka, LBB, Pionering, yel – yel dsb. Adapun Tim seleksi yang menilai kegiatan tersebut adalah Kodim 04007 Bengkulu, Kwarda Bengkulu dan Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu. Saat mengikuti kegiatan seleksi para peserta tampak sangat bersemangat dan gembira, meskipun sempat diguyur hujan, tetapi hal tersebut tidak memamatahkan semangat para peserta untuk terus mengikuti kegiatan PPMN di MTsN Kota Donok yang terpenting adalah bagaimana menumbuhkan semangat dan disiplin saat mengikuti acara tersebut.

Dalam kegiatan ini para peserta yang akan diseleksi adalah Khusus Tingkat Madrasah Tsanawiyah.Para peserta yang mengikuti kegiatan tersebut adalah MTsN Kota Donok, MTsN Muara Aman, MTs Al Hadi, MTs Islamiyah dan MTs Dzikir Fikir. 

Dalam acara PPMN Rabu (10/2) yang dilaksanakan di MTsN Kota Donok, masing masing para peserta didampingi oleh Kepala Sekolah dan kakak Pembina dari masing – masing sekolah. Acara seleksi terus berjalan sesuai dengan agenda yang telah direncanakan. Pada pukul 13.00 WIB kegiatan Seleksi PPMN dijeda untuk istirahat sekira satu jam. Selesai istirahat acara kegiatan dilanjutkan, mengingat masih ada beberapa lomba yang belum dinilai dan sekaligus mengingat waktu yang terus berjalan.

Setelah beberapa lomba sudah dilalui tepatnya pukul 16.30 WIB, acara dilanjutkan dengan upacara penutupan. Acara penutupan dilaksanakan pukul 16. 40 Wib. Drs. Munajam, M.Pd. dalam amanah yang disampaikan, “kita bersyukur karena acara yang diselenggarakan dapat berjalan dengan cukup baik dan lancar tanpa ada halangan, meski sempat diguyur hujan”.  

Beliau juga berpesan supaya kegiatan pramuka harus lebih diaktifkan kembali, bahkan kegiatan Pramuka wajib diekstrakurikulerkankan pada tiap Madrasah. Kegiatan ini harus diimplimentasikan mengingat pada Madrasah sudah menerapkan kurikulum 13. Hal yang harus lebih diperhatikan lagi adalah Spiritual para peserta karena pada saat di tes tentang baca tulis AlQur,an masih ada beberapa peserta yang belum lancar membaca Alqur’ an. Pada akhir acara beliau juga mengucapkan terima kasih kepada kakak kakak pembina dan para peserta karena telah mengikuti acara tersebut dengan baik sampai selesai.

Pada akhir penutupan ada sedikit masukan tambahan yang disampaikan oleh Tim Seleksi dari KODIM 04007 Bengkulu yakni kakak solihin, “untuk kakak- kakak pembina agar lebih difokuskan lagi melatih masalah Pionering mengingat masih ada temuan para peserta yang belum bisa membedakan mana ikatan dan mana sampul. Para adik-adik pramuka harus di berikan pengetahuan dasar terlebih dahulu, jika pionering dasar sudah diketahui dan dipahami, maka baru kita lanjutkan dengan materi atau kegiatan yang lain” ujar kakak solihin. 

Masih ditambahkannya “ kalau bisa untuk selanjutnya masing-masing sekolah dapat bekerjasama dengan BABINSA setempat atau Polsek untuk melatih kegiatan baris – berbaris agar masalah baris- beraris dapat lebih baik. Akhirnya acara penutupan PPMN selesai dilaksanakan pukul 17. 15 WIB. Mudah- mudahan kegiatan selanjutnya dapat berjalan dengan lancar sesuai yang diinginkan.

Penulis : Humas MTs **Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :