Ka.MAN Curup Tekankan Peran Dan Tugas Guru Pamong Mahasiswa PPL

Ka.MAN Curup Tekankan Peran Dan Tugas Guru Pamong Mahasiswa PPL

Bengkulu (Informasi dan Humas) 5/2- Belum lama ini kepala MAN Curup, Drs. Abdul Munir, M.Pd Ka. MAN Curup yang didampingi oleh Waka Kurikulum MAN Curup memberikan arahan dan evaluasi kepada 11 orang guru pamong yang mebimbing Mahasiswa STAIN Curup yang sedang melaksanakan PPL. Arahan dan evaluasi yang berkenaan dengan tugas dan kewajiban seorang Guru pamong. 

Pada kesempataan ini juga Ka. MAN Curup meberikan blangko penilaian serta pelaporan Guru Pamong akan kegiatan mahasiswa PPL yang menjadi peserta bimbingannya.

Program Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan bagian inti kurikuler yang dilaksanakan oleh mahasiswa calon guru atau tenaga pendidik, baik latihan mengajar maupun tugas kependidikan lainnya secara terbimbing dan terpadu sebagai persyaratan profesi keguruan PPL merupakan muara dari seluruh program kependidikan.

PPL bertujuan untuk mendapatkan pemahaman secara faktual di lapangan sebagai wahana terbentuknya tenaga kependidikan yang memiliki seperangkat pengetahuan, nilai dan sikap yang diperlukan bagi profesinya serta mampu menerapkan dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran baik di sekolah maupun di luar sekolah.

Secara umum kegunaan PPL bagi mahasiswa adalah suatu wadah atau sebagai media untuk mendapatkan pengalaman pendidikan secara faktual di lapangan untuk menerapkan ilmunya secara langsung. Kerjasama antara guru pamong dengan mahasiswa PPL dapat meningkatkan pengetahuan siswa dalam menjalankan tugas pengajaran dan memantapkan diri sebagai pengajar profesional.

Mengenai peran guru Pamong Drs. Abdul Munir, M.Pd mengharapkan agar seluruh guru-guru pamong agar benar benar membina, mengawasi dan mengevaluasi Mahasiswa PPL hal ini guna mejadikan Mahasiswa PPL (Calon Guru) lebih baik. “Madrasah tidak akan menjadi lebih baik, jika gurunya tidak baik maka dengan ini mari kita siapakn calon guru yang baik” papar Drs. Abdul Munir, M.Pd dalam arahannya.

Penulis : Humas MAN **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :