Guru MIS GUPPI No.13 Tasik Malaya RL Bimbing Mahasiswa PPL

Guru MIS GUPPI No.13 Tasik Malaya RL Bimbing Mahasiswa PPL

Bengkulu (Informasi dan Humas) 29/1- Mahasiswa PPL dari STAIN curup praktik mengajar dengan bimbingan pamong dan didampingi pamong saat mengajar dikelas, rabu 27 Januari 2016.

MIS Guppi No. 13 tasik malaya salah satu seklah yang mendapatkan mahasisiwa PPL, dan ditahun ini mahasiswa PPL berjumlah dua orang saja, setiap mahasiswa sudah ditentukan guru pamongnya yaitu untuk jurusan PAI guru pamongnya ibu Ira Aruna Irani,S.Pd.I yang lulusan PAI juga, dan untuk mahasisw ajurusan PGMI guru pamongnya pak nafsin Sahri,S.Pd.I. setiap mahasiswa wajib mengajar / praktik 14 kali tatap muka dan disetiap tatap muka harus menghasilkan peningkatan hasil mengajarnya.

Untuk mencapai hasil terbaik guru pamong berupaya untuk membimbing mahasiswa PPL disetiap pertemuanya, pada pertemuan pertama kemain contohnya, guru pamong mendampingi mahasisw amengajar untuk mengetahui bagaimana caramengajar mahasiswa tersebut, dan apa – apa saja yang perlu diketahui dan perlu ditingkatkan untuk mencapai setiap indikator pada setiap pertemuan.

Setelah melakukan pertemuan pertama, setiap guru pamong memberikan arahan kepada mahasiswa, dan pada rahan tersebut ibu Ira Aruna Irani menjelaskan bahwa, saat kita mengajar dikelas jangan terlalu kaku, dan berusahalah seakrab mungkin dengan siswa agar materi yang kita sampaikan juga akrab dengan siswa sehingga siswa lebih mudah menyerap materi yang kita sampaikan, karena di mata pelajaran akidah akhlak ini sepertinya sepele tapi sulit, setiap materi asmaul husna itu perlu dipahami setiap siswa. Dan untuk kelas rendah seperti kelas satu sampai kelas tiga itu kita bisa menggunakan bahasa daerah sedikit pada setiap penjelasan, untuk memudahkan siswa mengerti tentang materi yang dijelaskan.

Untuk selanjutnya mungkin metode pembelajaran bisa dibuat sekreatif mungkin agar siswa tidak bosan dan monoton pada setiap pertemuanya, karena sangat banyak sekali metode dan model pembelajaran dikelas agar siswa lebih senang yang berkesan pada setiap pertemuanya. 

Para guru pamong berharap dengan evaluasi tahap awal ini, bisa membntu mahasiswa memperbaiki cara mengajarnya, dan mencapai hasil yang baik untuk pertemuan – pertemuan selanjutnya.

Penulis : Desi Weliyana.S.Pd.I **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :