Ka.Kemenag RL: Guru Ideal Adalah Dambaan Peserta Didik

Ka.Kemenag RL: Guru Ideal Adalah Dambaan Peserta Didik

Bengkulu (Informasi dan Humas) 20/1- Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong, Drs. H. M. Naseh, M.Ed menjadi Narasumber Pembekalan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Program Non Reguler Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Curup, tempat pelaksanaannya di Aula STAIN Curup.

Kepala kemenag mengatakan bahwa Guru ideal adalah sosok guru yang mampu untuk menjadi panutan dan selalu memberikan keteladanan. Guru ideal adalah pertama, guru yang memahami benar akan profesinya. Dia adalah sosok yang selalu memberi dengan tulus dan tak mengharapkan imbalan apapun, kecuali ridho dari Allah pemilik bumi. 

Kedua, Guru yang rajin membaca dan menulis. Siapa yang rajin membaca, maka ia akan kaya akan ilmu. Namun, bila kita malas membaca, maka kemiskinan ilmu akan terasa. Guru yang rajin membaca otaknya seperti komputer. Bila ada peserta didiknya yang bertanya, memori otaknya langsung bekerja mencari dan menjawab pertanyaan para anak didiknya dengan cepat dan benar. 

Ketiga, Guru yang sensitif terhadap waktu. Bagi guru waktu lebih dari uang dan bahkan bagaikan sebilah pedang tajam yang dapat membunuh siapa saja termasuk pemiliknya Bagi guru yang kurang memanfaatkan waktunya dengan baik, maka tidak akan banyak prestasi yang ia raih dalam hidupnya.

Dia akan terbunuh oleh waktu yang ia sia-siakan. Karena itu guru harus sensitif terhadap waktu. Detik demi detik waktunya teratur dan terjaga dari sesuatu yang kurang baik serta sangat berharga

Keempat, Guru yang kreatif dan inovatif. Guru yang kreatif adalah guru yang selalu bertanya pada dirnya sendiri. Apakah dia sudah menjadi guru yang baik, Apakah dia sudah mendidik dengan benar, Apakah anak didiknya mengerti tentang apa yang dia sampaikan, Dia selalu memperbaiki diri. Dia tidak pernah puas dengan apa yang dia lakukan. Selalu ada inovasi baru yang dia ciptakan dalam proses pembelajarannya. 

Kelima, Guru yang memiliki kecerdasan intelektual, kecerdasan sosial, kecerdasan moral, kecerdasan motorik dan kecerdasan emosional.

Penulis : Halim **
Redaktur: H.Nopian Gustari


Bagikan :