BAZNAS Kabupaten Lebong Salurkan Dana Tahun 2015

BAZNAS Kabupaten Lebong Salurkan Dana Tahun 2015

Bengkulu (Informasi dan Humas) 11/1- Bertepatan dengan HUT Kabupaten Lebong tanggal 07 Januari 2016 yang bertempat di halaman rumah dinas bupati Lebong usai melaksanakan upacara HUT kabupaten Lebong BAZNAS Kabupaten Lebong menyalurkan dana BAZNAS tahun 2015 kepada 112 mustahik. Demikian dikatakan sekretaris BAZNAS kabupaten Lebong H. Darul Maukup S.Ag di ruang kerjanya pada Jumat (08/01).

Dikatakan H. Darul pembagian dana BAZNAS yang terdiri dari 32 orang penerima dana produktif (bantuan usaha kecil) dengan jumlah Rp 2.000.000 per orang, dan 80 orang penerima bantuan dana konsumtif senilai Rp 500.000 per orang bagi mustahik zakat seperti fakir miskin dan fii sabilillah.

“Adapun dana yang terkumpul di BAZNAS Kabupaten Lebong tahun 2015 sejumlah Rp. 181.000.000,- yang bersumber dari ZIS PNS Kabupaten Lebong” jelas H. Darul. 

Lebih lanjut dikatakan dinas intansi yang selama ini telah aktif menyalurkan dana Zakat profesinya ke BAZNAS Kabupatyen Lebong yaitu: Kantor Kementerian Agama, Kantor Pertanian, Kantor Pekerjaan Umum, Kantor Inspektorat Daerah, Kantor Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi serta SMA Negeri Taba Atas. Dengan demikian diharapkan pada masa yang akan datang adanya peningkatan pengumpulan zakat dari seluruh dinas instansi melalui ZIS-nya kepada BAZNAS Kabupaten Lebong.

Menurutnya penyebab sedikitnya dana yang terkumpul di BAZNAS Kabupaten Lebong di antaranya adalah:

  1. Kurangnya sosialisasi tentang BAZNAS, sementara di kabupaten telah mengeluarkan instruksi Bupati kepada pegawai untuk menyalurkan zakat profesinya ke BAZNAS.
  2. Kurangnya kepercayaan Muzakki terhadap prefesionalitas pengurus BAZNAS Kabupaten Lebong.

Sementara itu potensi yang ada di Kabupaten Lebong dengan jumlah PNS sebanyak 2000 orang dengan membayar zakat Rp50.000 per bulan maka dalam setahun kemungkinan dana yang terkumpul di BAZNAs Kabupaten Lebong sekitar 2 Milyar 4 ratue juta rupiah. 

Penulis : Bibin **
Redakrur: H.Nopian Gustari

Bagikan :