Kepala KUA Curup Utara Dampingi Mahasiswa Simulasi Akad Nikah

Kepala KUA Curup Utara Dampingi Mahasiswa Simulasi Akad Nikah

Bengkulu (Informasi dan Humas) 2/12- Kepala KUA Curup Utara mendampingi Mahasiswa STAIN Curup jurusan Syariah, kegiatan simulasi akad nikah ini termasuk dalam aspek penilaian, dimana simulasi ini skor penilaiannya mencapai 20 %, dari beberapa point penilaian yang telah ditentukan oleh pihak STAIN Curup. Kegiatan simulasi akad nikah di laksanakan di aula KUA Curup Utara.

Pada kegiatan simulasi ini para mahasiswa STAIN jurusan Syariah memperaktekan tentang cara pelaksanaan akad nikah dari awal sampai akhir, kegiatan simulasi akad nikah ini di mulai dengan pembacaan kalam ilahi, diteruskan dengan pemeriksaan berkas nikah, dan ijab qabul dan ditutup dengan do`a.

Kegiatan simulasi ini di ikuti dengan sungguh – sungguh dan seksama oleh mahasiswa STAIN jurusan syariah angkatan V yang magang di KUA Curup Utara, karena simulasi akad nikah ini nilainya sangat berpengaruh sekali tentang kelulusan mahasiswa yang magang di KUA Curup Utara

Penghulu yang juga ikut serta dalam pengawasan kegiatan simulasi tersebut berpendapat bahwa ada beberapa hal penting selain rukun nikah yang harus diperhatikan oleh para mahasiswa magang ketika pelaksanaan akad nikah, salah satunya adalah penguasaan situasi dan kondisi, sebab penguasaan situasi dan kondisi bisa membuat prosesi akad nikah menjadi efektif. 

Yusman Haris, S. Sos.I, MM selaku Kepala Kantor Urusan Agama Kec. Curup Utara mengharapkan kegiatan ini dapat memberi pengetahuan dan wawasan kepada mahasiswa STAIN Curup yang berkesempatan magang di Kantor Urusan Agama Kec. Curup Utara tentang pelaksanaan prosesi akad nikah. 

Penulis : Humas KUA **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :