KA.KUA SAM Seluma Ikuti Pembinaan Zakat Profesi

KA.KUA SAM Seluma Ikuti Pembinaan Zakat Profesi

Bengkulu (Informasi dan Humas) 30/11- Belum lama ini, Bertempat di Gedung Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Seluma Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Semidang Alas Maras, Marlius Putra, M.Hi menghadiri Pembinaan Zakat Profesi yang dimulai pada pukul 08.00 WIB. Pembinaan diikuti Seluruh Kepala KUA dan juga di ikuti para peserta yang mewakili dari Perangkat Agama Kecamatan Se – Kabupaten Seluma.

Acara Pembinaan di buka langsung Oleh Kepala Kemenag Kabupaten Seluma, H. Sipuan, S,Ag, MM. Adapun Nara Sumber pada pembinaan Zakat Profesi ini adalah Kepala Kemenag Seluma, H. Sipuan, S.Ag MM, Kasubag Tata Usaha Kemenag Seluma H. Ahmad Tarmizi, M.Ag dan Ketua BAZ Kabupaten Seluma H. Darsono.

Pemateri pertama Bapak H. Sipuan, S.Ag, MM menjelaskan bahwa Zakat profesi adalah zakat atas penghasilan yang diperoleh dari pengembangan potensi diri yang dimiliki seseorang dengan cara yang sesuai syariat, seperti upah kerja rutin, profesi dokter, PNS, pengacara, arsitek, dll. 

Dari berbagai pendapat dinyatakan bahwa landasan zakat profesi dianalogikan kepada zakat hasil pertanian yaitu dibayarkan ketika mendapatkan hasilnya, demikian juga dengan nishobnya dibayarkan dari pendapatan kotor. Sedangkan tarifnya adalah dianalogikan kepada zakat emas dan perak yaitu sebesar 2,5 %, atas dasar kaidah “Qias Asysyabah”.

Marlius berharap acara Pembinaan seperti ini senantiasa dilaksanakan untuk menambah wawasan tentang zakat profesi ini, dan tugas Kepala KUA menyampaikan kepada masyarakat yang mempunyai profesi sebagaimana yang di maksud diatas. Demikian Marlius.

Penulis : HM/KUA **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :