Penghulu Curup Timur RL Narasumber Pengajian Jamaah Haji

Penghulu Curup Timur RL Narasumber Pengajian Jamaah Haji

Bengkulu (Informasi dan Humas) 17/11- Persatuan Haji/Hajjah Rejang Lebong gelar pengajian akbar, Kegiatan ini bertujuan mempererat silaturahim sesama haji/hajjah. Pengajian dilakukan pada Jumat kedua setiap bulan. Hadir dalam acara ini Kankemenag RL, Drs. H. M. Ch. Naseh, M.Ed beserta istri, Sekda RL, Drs. H. Ir. Zulkarnain, MT, Pengurus ikatan haji serta para jamaah haji/hajjah RL. Bertindak selaku narasumber, Penghulu KUA Curup Timur, Bulkis, S.Th.I, MHI.

Sekda mengatakan pengajian ini sangat penting dilakukan. Di samping sebagai ajang silaturahim, juga merupakan sarana menuntut ilmu. Karena melalui pengajian, para haji dan hajjah mendapatkan pencerahan dari para narasumber. Sekda berencana mengundang para haji/hajjah datang ke rumah dinasnya untuk menonton film dokumenter perjalanan jamaah haji RL di Makkah.

“Saya ingin pengajian bulan depan digelar di rumah dinas sekda. Nanti akan diputar film dokumenter perjalanan ibadah haji jamaah RL. Diharapkan dengan nonton bersama bisa mengobati rasa rindu pada tanah suci Makkah”, kata Zulkarnain.

Bulkis, S.Th.I, MHI melalui ceramahnya mengatakan bahwa setiap ibadah yang kita lakukan pasti memiliki nilai-nilai tarbiyah. Ibadah merupakan kurikulum yang Allah rancang untuk mendidik manusia. Dengan demikian tidak ada ibadah yang kering dari nilai-nilai spiritual, medical, dan sosial. Bagitu juga pada ibadah haji.

“Setiap rangkaian dari ibadah haji memiliki pesan spiritual, medical, dan sosial. Pakaian ihram merupakan simbol persamaan manusia di hadapan Allah. Ritual Sa’i mengingatkan manusia pentingnya kerja keras untuk memenuhi kebutuhan hidup. Thawaf merupakan gerak mengitari Ka’bah yang mengandung pesan bahwa setiap perbuatan kita harus tetap dalam koridor aturan Allah”, papar Bulkis pada Jumat (13/11), ketika menyampaikan pengajian akbar di Masjid Agung Baitul Makmur Kota Curup.

Jamaah mengikuti acara dengan antusias sejak awal hingga akhir. Acara diakhiri dengan do’a dan shalat ‘Ashar berjamaah.

Penulis : Humas KUA **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :