MTsN Kota Donok Lebong Lakukan Penanaman Pohon

MTsN Kota Donok Lebong Lakukan Penanaman Pohon

Bengkulu (Informasi dan Humas) 16/11- Para siswa MTsN Kota Donok melakukan kegiatan penghijauan yakni dengan menanam pohon di area MTsN Kota Donok. Pada saat penanaman dilaksanakan para siswa sangat bersemangat karena ini merupakan pengalaman baru bagi para siswa . Kegiatan tersebut dilakukan agar kelestarian alam tetap terjaga dan agar lingkungan di sekitar tetap teduh dan hijau. 

Penanaman pohon ini dimaksudkan agar tanah di sekitar MTsN Kota Donok mempunyai kemampuan untuk dapat menyerap dan menyimpan air. Semakin banyak pohon yang ditanam maka akan semakin banyak air yang tersimpan di dalam tanah sehingga bermanfaat bagi lingkungan, terutama lingkungan di sekita MTsN Kota Donok. Saat penanaman berlangsung waktu yang dimanfaatkan adalah selama 40 menit yakni dari pukul 07.30- sampai dengan 08.10 WIB dimana biasanya waktu tersebut digunakan untuk kebersihan atau senam pada tiap pagi Jumat. Dengan demikian kegiatan tersebut dilaksanakan tanpa mengganggu proses KBM.

Penanaman pohon di lingkungan MTsN Kota Donok kemarin di koordinir oleh para dewan guru. Dengan adanya kerjasama dan partisifasi dari dewan guru diharapkan kegiatan tersebut dapat berlangsung dengan teratur dan terarah sehingga kegiatan tersebut dapat selesai dengan target yang diinginkan. Keikutsertaan para dewan guru pada kegiatan tersebut menunjukkan rasa kepedulian yang tinggi terhadap keadaan alam khususnya lingkungan sekolah yang mulai tampak gersang disebabkan musim kemarau.

Dua hari sebelumnya wakil kepala sekolah Abdul hadis, BA. mengintruksikan kepada para siswa agar membawa bibit pohon demi mencegah dan menjaga serta melindungi lingkungan dari rawan bencana sesuai dengan pesan yang disampaikan oleh kepala Sekolah. Wk Kepala sekolah menyampaikan ingin lingkungan di sekitar MTs tetap terjaga keasriannya,. Selain hal tersebut beliau menyampaikan tujuan lain dari penanaman bibit pohon di lingkungan MTsN Kota Donok agar dapat menjaga kondisi tanah dari longsor mengingat kondisi tanah yang ada di MTsN Kota Donok berpotensi longsor. Langkah inilah yang dianggap menjadi salah satu solusi untuk mengatasi bencana alam.

Dengan adanya kegiatan yang melibatkan siswa secara langsung diharapkan para siswa sadar akan tugas kita sebagai manusia untuk selalu merawat lingkungan dan alam sekitar agar tidak rusak dan terjadinya bencana alam seperti longsor dan banjir. Adapun jenis bibit yang dibawa para siswa MTsN Kota Donok antara lain seperti sengon, jati, nangka, kelapa, durian, jeruk dll. 

Pada lokasi yang sudah ditentukan kemarin sudah tertanam sekitar 60 pohon.dan program ini terus dilanjutkan beberapa hari kedepan karena pohon yang ditanam masih dirasa belum maksimal. Adapun Harapan keluarga MTsN Kota Donok dengan menanam pohon di sekitar lingkungan yaitu untuk menjaga agar lingkungan tidak gersang dan untuk menciptakan keindahan lingkungan sekolah supaya memberi manfaat bagi alam sekitar.  

Kegiatan ini akan diagendakan lagi beberapa hari kedepan karena masih ada beberapa lokasi yang dianggap harus dilakukan pemghijauan dengan menanam pohon.Mudah-mudahan kegiatan ini menjadi pengalaman dan pembelajaran bagi para siswa agar senantiasa menjaga lingkungan demi kualitas udara agar tetap sehat dan segar.

Penulis : Hadi **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :