Ka.Kemenag Benteng: Sehat Itu Iman

Ka.Kemenag Benteng: Sehat Itu Iman

Bengkulu (Informasi dan Humas) 16/11- Pada hari Kamis kemaren tepatnya 12/11 Seluruh Warga Negara Indonesia bersama pemerintah memperingati Hari Kesehatan Nasional atau HKN, terutama jajaran Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang memperingatinya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Tengah Drs. H. Ajamalus, MH, yang didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Benteng Iputu Surya, S.Km, MM, di sela-sela acara peringatan hari HKN yang dilaksanakan di Dinas Kesehatan Kabupaten Benteng Desa Renah Semanek kemaren mengatakan. Hendaknya dalam memperingati HKN bukan hanya dilaksanakanya berbagai macam kegiatan yang sifatnya seremonial saja, namun melalui poringatan HKN tersebut dijadikan motifasi kepada masyarakat betapa pentingnya kesehatan bagi kehidupan manusia.

“Sehat itu Iman”, ujar Ajamalus. Alat kerja manusia adalah berfikir. Dengan berfikir yang sehat, maka akan menumbuhkan jiwa sehat pula. kesalahan dalam melakukan manajemen aktivitas dapat menyebabkan terganggunya kesehatan,seperti salah tidur, salah makan, salah cara membaca, salah berpakaian, salah berdandan,dan sejenisnya dapat menyebabkan terganggunya kesehatan. Kesehatan merupakan persoalan universal dan kebutuhan mendasar khususnyabagi manusia. 

Kesehatan adalah hak asasi manusia dan menjadi salah satu unsur utama kesejahteraan, sebagaimana ungkapan bahwa kesehatan bukanlah segala-galanya, tetapi tanpa kesehatan segalanya bukanlah apa-apa. Kesehatan memiliki makna dan dimensi yang luas sesuai definisi menurut WHO maupu yaitu keadaan sehat yang meliputi aspek fisik, mental, spiritual dan sosial serta dapat produktif secara sosial maupun ekonomis. 

Hal ini menunjukkan bahwa status kesehatan seseorang tidak hanya diukur dari aspek fisik dan mental semata, namun juga dinilai berdasarkan produktivitas sosial atau ekonomi. Kesehatan mental (jiwa) mencakup komponen pikiran, emosional dan spiritual. Secara spiritual, sehat tercermin darip raktek keagamaan, kepercayaan, dan perbuatan yangbaik sesuai norma dalam masyarakat.

Maka dari itu Ajaran Agama Islam mengutamakan begitu pentingya kesehatan dalam kehidupan manusia, sperti pepatah mengatakan “Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat”, artinya kalau tubuh kita sehat maka jiwa kita sudah pasti akan sehat sehingga kita sebagai mahluk ciptaan Allah akan dapat menjalankan ibadah dengan sebaiknya, papar Ajamalus.

Penulis : Guntur **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :