MTs.Baitul Makmur Curup Adakan MGMP

MTs.Baitul Makmur Curup Adakan MGMP

Bengkulu (Informasi dan Humas) 22/10- Salah satu program yang telah direncanakan oleh Ka. MTs. Baitul Makmur Curup ialah mengadakan MGMP sebgai upaya dan usaha untuk terus meningkatkan kualitas dan mutu pendidik. MGMP ini dilaksanakan pada pekan ke III pada bulan september 2015. Kegiatan ini ikuti oleh selurh pendidik yang ada di MTs. Baitul Makmur Curup. MGPN ini di buka langsung oleh Ka. Kemenag Kabupaten Rejang Lebong Drs. H. Ch. Naseh, Phd.

Pengembangan sumber daya manusia pendidik, khususnya pengembangan profesional guru, merupakan usaha mempersiapkan guru agar memiliki berbagai wawasan, pengetahuan, keterampilan, dan memberikan rasa percaya diri untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai petugas profesional Pengembangan atau peningkatan kemampuan profesional harus bertolak pada kebutuhan atau permasalahan nyata yang dihadapi oleh guru, agar bermakna.

Undang‐undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pasal 20 ayat (b) mengamanatkan bahwa dalam rangka melaksanakan tugas keprofesionalannya, guru berkewajiban meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Pernyataan undangundang di atas pada intinya mempersyaratkan guru untuk memiliki: (i) kualifikasi akademik minimum S1 atau D‐IV; (ii) kompetensi sebagai agen pembelajaran yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional; dan (iii) sertifikat pendidik.

Undang‐undang ini diharapkan memberikan suatu kesempatan yang tepat bagi guru untuk meningkatkan profesionalismenya secara berkelanjutan melalui pelatihan, penelitian, penulisan karya ilmiah, dan kegiatan profesional lainnya. Kegiatan tersebut sangat dimungkinkan dilaksanakan di Kelompok Kerja Guru (KKG), atau di Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), mengingat wadah ini dijadikan sebagai tempat melakukan pertemuan bagi guru kelas atau guru mata pelajaran sejenis.

Dalam sambutan ahirnya Ka. MTs. Baitul Makmur Curup H. Usep Saepudin, S.Ag. M.Pd menghrapkan kepada seuruh pendidik untuk tetap komitmen dalam mencerdaskan kehidupan bangsa terkhusus pendidikan yang ada di Rejang Lebong.

Penulis : Fariq **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :