Ka.MAN Talang Leak Sampaikan Khutbah Idul Adha

Ka.MAN Talang Leak Sampaikan Khutbah Idul Adha

Bengkulu (Informasi dan Humas) 25/9- Kepala MAN Talang Leak Harta, M.Pd melaksanakan shalat Hari Raya Idul Adha 1436 H/2015 di Masjid Jamik Pasar Muara Aman Lebong. Tak hanya mengikuti shalat Idul Adha tetapi juga memberikan khutbah Idul Adha disana. Adapun judul yang disampaikan yakni “Misi Pendidikan Ibrahim Dalam Mencetak Generasi Shaleh”.

Dalam khutbah ini disampaikan bahwa hakikat kurban dengan menyembelih hewan bukanlah terletak pada darah yang dialirkan dan daging yang dimakan oleh pemberi kurban atau yang dibagikan kepada fakir miskin, melainkan pada ketulusan cinta dan kedalaman takwa kita kepada Allah. ”Daging- daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi takwa dari (lubuk hati)-mu-lah yang dapat mencapainya.” (QS Al-Hajj: 37). 

Berguru kepada Ibrahim dan Ismail tentang berkorban adalah belajar bagaimana membangun keyakinan dan kepercayaan serta berkorban dengan ikhlas terhadap Allah SWT serta membangun sikap saling percaya yang dibangun dalam keluarga dengan ikatan tauhid. 

Dengan sikap saling percaya itulah sikap berkorban akan mudah ditunaikan minimal di lingkungan keluarga, terlebih di masyarakat. Berani berkorban sejak dini berarti berani untuk mendapatkan kebaikan dan mudah untuk berkorban di saat dewasa nanti.

Penulis : Surya Atmaja **
Redaktur: Arsuk E

Bagikan :