MIN 01 Dusun Curup RL Laksanakan Praktek Membuat Alat Komunikasi Sederhana

MIN 01 Dusun Curup RL Laksanakan Praktek Membuat Alat Komunikasi Sederhana

Bengkulu (Informasi dan Humas) 11/9- Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Merupakan pembelajaran yang yang mempelajari mengenai pengetahuan yang berkaitan dengan lingkungan kemasyarakatan, oleh sebab itu siswa MIN 01 Dusun Curup melaksanakan kegiatan praktek untuk menerapkan dan membuktikan teori yang telah dipelajari adapun pelaksanaan praktek Pelajaran IPS tersebut mengenai alat komunikas sederhana yang dilaksanakan oleh siswa kelas VI B MIN 01 Dusun Curup, ada banyak sekali alat komunikasi sederhana salah satunya yakni telepon kaleng yang dibuat oleh siswa kelas VI B MIN 01 Dusun Curup. 

Telepon Kaleng Sebagai Alat Komunikasi Sederhana,Alat Komunikasi merupakan alat bantu untuk mempermudah dalam berkomunikasi dengan orang lain, sedangkan Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak ke pihak lain.Media alat komunikasi adalah alat perantara yang digunakan dalam penyampaian informasi dari komunikator kepada komunikate yang bertujuan untuk efesiensi penyebaran informasi atau pesan tersebut.

Membuatlah telepon kaleng Bahannya adalah dua kaleng bekas baik bekas susu ataupun kaleng bekas ikan sarden, lidi korek api, paku, dan benang. Lalu hubungkan kaleng dengan benang melalui lubang (buat suatu cara agar benang tidak lepas dari kaleng, misalnya benang dikaitkan dengan lidi korek api agar tak lepas dari lubang). Seberapa panjang benang, sesui dengan kebutuhan.Setelah telepon kaleng dibuat,siswa mempraktekan cara menggunakan alat komunikasi sederhana tersebut dengan cara menegangkan benang diantara dua kaleng. 

Kegiatan praktek dengan menggunakan telepon kaleng juga dapat memberi pengetahuan kepada siswa bahwa suara dapat merambat melalui udara dengan perantaraan benang, sehingga siswa dapat mendengar suara di kaleng. Kepala MIN 01 Dusun Curup yakni Bapak Wawan Herianto, S.Pd.MM, menegaskan bahwa kegiatan pembelajaran yang dilengkapi atau dosempurnakan dengan ptaktek dapat membuat siswa lebih paham dan mengerti dengan pembelajaran yang dipellajarainya di kelas, oleh sebeb itu kegiatan seperti ini harus selalu dilakukan demi kemajuan dan peningkatan hasil pembelajaran yang dilaksanakan di MIN 01 Dusun Curup.

Penulis : Andian **
Redaktur: Arsuk E

Bagikan :