MIN 01 Purwodadi Bengkulu Utara Kembangkan Belajar Bersama Alam

MIN 01 Purwodadi Bengkulu Utara Kembangkan Belajar Bersama Alam

Bengkulu (Informasi dan Humas) 8/9- MIN 01 Purwodadi Arga Makmur adakan pelaksanaan belajar bersama alam terbuka, dan pelaksanaan belajar tersebut dilaksanakan di lingkungan sekolah, 05/09/15”.

Dikatakan Ka. MIN Purwodadi, Jemi Sundaya dengan adanya pelaksanaan Belajar berinteraksi secara langsung dengan alam. Hal tersebut dapat menjadi perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku yang dimili para siswa.

Jemi menambahkan, Berkaitan dengan hal tersebut, maka belajar di alam terbuka (bukan di dalam kelas) merupakan alternatif untuk memberikan input berupa pengalaman atau mempraktekkan secara langsung suatu indikator dalam pembelajaran. 

Belajar di alam bertujuan untuk mendekatkan permasalahan yang dihadapi dengan kenyataan atau fakta yang sebenarnya. Dengan demikian setiap peserta didik diharapkan dapat lebih ekspressif dalam menuangkan hasrat dan ide-idenya ketika berada dalam proses pembelajaran dan juga terbentuk sikap mandiri serta tangguh (survival child) dalam menghadapi segala tantangan ke depan, “tutur Jemi”.

Jemi, Adapun Manfaat yang diperoleh dari belajar di alam diantaranya: pertama, memberikan keleluasaan bagi para guru untuk mengembangkan bentuk materi dan strategi penyampainnya dalam setiap kesempatan guna menghindari kebosanan (boredem) pada diri siswa. Kedua, memberikan nuansa alami sesuai dengan potensi siswa (student’s potential) untuk menemukan konsep-konsep yang akan mereka peroleh melalui proses pembelajaran.. Ketiga, memberikan kesempatan bagi para siswa untuk memupuk sikap saling menghargai dan memahami dalam merealisasikan akhlakul karimah serta bersosialisasi terhadap sesama. Keempat, mewujudkan ketrampilan hidup (life skill) yang dialami dalam setiap proses pembelajaran, dengan memberikan kesempatan untuk melakukannya langsung, Ujar Jemi.

Penulis : Humas MIN **
Redaktur: Arsuk E

Bagikan :