Ka.Kemenag Lebong Hadiri Pelantikan Ketua PA

Ka.Kemenag Lebong Hadiri Pelantikan Ketua PA

Bengkulu (Informasi dan Humas) 1/9- Acara Pelantikan ketua lama Pengadilan Agama Kabupaten Lebong M.Sahri,S.H., M.H dengan ketua baru Pengadilan Agama Kabupaten Lebong H.Thamrin Agung,S.H.,M.H di Kantor Pengadilan Agama Kabupaten Lebong yang dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong Drs.H.Tasri,MA hal ini disampaikan Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong Drs. Kusairi.B pada Selasa (1/9).

Drs. Kusairi menjelaskan bahwa ketua pengadilan yang lama pindah tugas ke Kantor Pengadilan Agama Kelas I A Kota Palembang dan digantikan oleh wakilnya yang sekarang dilantik sebagai ketua Pengadilan Agama kelas I B Kabupaten Lebong. Adapun wakilnya adalah Drs Sirjoni yang pindah tugas dari Kantor Pengadilan Agama Kelas I B Curup Kabupaten Rejang Lebong ke Kantor Pengadilan Agama Kelas I B Kabupaten Lebong sebagai wakil ketua.

Ia juga menjelaskan bahwa pada acara pelantikan tersebut sebagai saksi yakni Kepala Kantor Kemnterian Agama Kabupaten Lebong Drs.H.tasri,MA dan Kepala Dinas Pertanian Pemda Kabupaten Lebong Sumiati,S.IP. Sementara rahaniawannya adalah Kepala Seksi Penyelenggara haji dan umroh Kantor Kementerian Agama Kabuapten Lebong.

“Kepala Kantor Kementerian Agama dan Kepala Dinas pertanian Pemda Kab. Lebong yang menjadi saksi pada acara pelantikan ketua Pengadilan Agama Kabupaten Lebong berlangsung dengan hikmat dan sukses” jelas Kusairi setelah pelantikan tersebut.

Sementara itu, ketua lama M.Sahri dalam kata sambutannya menyatakan bahwa pengadilan agama harus menjadi penagak hukum yang adil sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan pemerintah. Ia berharap kepada ketua yang baru supaya dapat memberikan informasi yang jelas kepada masyarakat tentang isbat nikah yang diputuskan oleh pengadilan agama. Sebab tidak sedikit masyarakat yang sudah menikah namun tidak memiliki buku akta nikah sehingga menjadi polemik bagi anak yang dilahirkan dalam mendapatkan pelayanan hukum.

“Saya berharap supaya ketua yang baru bisa melanjutan program kerja dengan baik supaya bagi mayarakat bias memahami proses hukum dengan baik dan benar” ujarnya dala sambutannya.

Lanjutnya, ia memohon kepada ketua yang baru supaya dapat menciptkan rasa kerjasama yang baik dengan tokoh agama, Ketua MUI, Kapolres dan pejabat pemerinta di lingkungan Kabupaten Lebong. Hal ini bertujuan untuk menciptakan proses hukum supaya dapat berjalan dengan baik dan benar sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.

Acara pelantikan tersebut turut hadir juga ketua Pengadilan Negeri, Ketua Kejaksaan, Kapolres, dan para pejabat yang lainnya. Setelah acara tesebut berakhir dilanjutkan dengan jabatantangan dan makan bersama. 

Penulis : Suandi **
Redaktur: Arsuk E

Bagikan :