Pendirian Rumah Ibadah di Benteng Tidak Bisa Sembarangan

Pendirian Rumah Ibadah di Benteng Tidak Bisa Sembarangan

Bengkulu (Informasi dan Humas) 10/8- Gunung Bungkuk Benteng. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Tengah, Drs. H. Ajamalus, MH, menjelaskan, pendirian rumah ibadah tidak bisa sembarangan. Semua pihak dan kalangan dituntut memahami surat keputusan bersama (SKB) 2 Mentri Tujuannya agar tidak keliru untuk membedakan apakah masuk katagori rumah ibadah atau tempat ibadah.

SKB 2 Menteri yaitu, Menteri Agama dan Menteri dalam Negeri Nomor 9 Tahun 2006 Tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas Kepala Daerah/wakil kepala Daerah Dalam Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama Pemberdayaan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan pendirian Rumah Ibadah. “ Dalam SKB terdapat syarat yang mesti difahami masyarakat”, kata Ajamalus beberapa hari yang lalu tepatnya Senin 27/7- dalam acara penanda tanganan nota kesepakatan Dami bersama tokoh agama.

Terang Ajamalus, syarat-syarat tersebut antara laian, Daftar nama dilengkapi dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) pengguna rumah ibadah minimal 90 orang yang disahkan oleh pejabat setempat sesuai tingkat batas wilayah. Ditambah dukungan dari masyarakat paling sedikit 60 orang yang disahkan oleh Kepala Desa. “Rekomendasi tertulis dari Kantor Kemenag dan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB)”, ujarnya.

Pengguna rumah ibadah dan dukungan masyarakat 60 orang merupakan syarat utama dalam pendirian rumah ibadah tersebut. Apabila kedua syarat tersebut belum bisa dipenuhi, maka belum bisa diberikan persetujuan untuk meningkatkan status Rumah Ibadah, “Seperti Masjid, Gereja, Pura dan Wihara”, jelasnya.

Dia menambahkan, pendirian rumah ibadah didasarkan kepada keperluan nyata dan sunguh-sunguh berdasarkan jumlah penduduk bagi pelayan umat beragama. Dalam mendirikan rumah ibadah harus tetap menjaga kerukunan umat beragama, tidak menganggu ketertiban umum, serta mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku”, papar Ajamalus.

Ajamalus menjelaskan, data sementara Jumlah Rumah Ibadah di Bengkulu Tengah, Agama Islam 245 Masjid dengan total penduduk 107.119 jiwa, kristen protestan sebanyak 8 gereja dengan jumlah penduduk 818 jiwa, katolik 1 gereja 292 jiwa, 1 pura 183 penduduk dan 39 agama budah yang belum ada wihara.

Penulis : Guntur/C **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :