3 Madrasah Swasta Di Benteng Segera Berstatus Negeri

3 Madrasah Swasta Di Benteng Segera Berstatus Negeri

Bengkulu (Informasi dan Humas) 13/7- Gunung Bungkuk Benteng. Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Tengah akan mengalihstatuskan 3 Madrasah swasta di kawasan terluar dan wilayah pedalaman Kabupaten Bengkulu Tengah menjadi Negeri. Perubahan status ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di 3 Madrasah, yaitu Madrasah Aliyyah Nurul Huda, MTs Qaryatul Jihad dan MI Sekayun Kecamatan Bang Haji.

Kepala Kemenag Benteng Drs. H. Ajamalus, MH mengatakan 3 Madrasah tersebut sudah diusulkan ke Kemenag RI melalui Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu. Dari informasi terakhir menunggu proses harmonisisasi dengan KemenPAN-RB, “datanya sudah masuk ke pusat”, ujarnya.

Ajamalus berharap, alih status Madrasah tersebut terlaksana pada 2015 ini. Melihat kondisi lapangan, 3 Madrasah tersebut sudah sangat layak untuk dinegerikan bahkan juga dapat diusulkan menjadi Madrasah unggulan di Benteng. “ jumlah madrasah pedalaman masih sedikit Negeri , hanya dikelola yayasan”, jelasnya.

Ajamalus mengambarkan tentang minimnya madrasah negeri di Benteng dengan perbandingan keseluruhan Madrasah. Dia menyebutkan dari 38 Madrasah baru 7 negeri. MTS totalnya 9 dengan Negeri hanya 2, MI dengan total 16 hanya 5 yang negeri. Sedangkan MA sama sekali belum adayang negeri.

Menurut Ajamalus, minimnya madrasah negeri, membuat pemerintah sulit untuk menyalurkan bantuan secara optimal, kecuali hanya melalui bantuan sosial dan pengajuan proposal. Kemenag telah mengirimkan surat ke MenPAN-RB terkait rencana perubahan status itu dan sekarang masih dilevel Regulasi.

Dikatakannya, kedepan MIN akan dijadikan Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) di bawah Kantor Kementerian Agama. Dengan demikian anggaran pembangunan dititipkan di kantor Kemenag Benteng, tambah Ajamalus. Ketika ditemui diruang kerjannya Rabu 08 Juli 2015 pada pukul 09.30 Wib.

Penulis : Guntur/C **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :