MIM Lubuk Kembang RL Ikuti Orientasi Pengelola Zakat, Infak dan Shadaqah

MIM Lubuk Kembang RL Ikuti Orientasi Pengelola Zakat, Infak dan Shadaqah

Bengkulu (Informasi dan Humas) 1/6- Kepala MIM Lubuk Kembang Curup Utara dan bendahara ikuti Orientasi Pengelola Zakat,Infaq,dan shadaqah yang di hadiri segenap kepala MIN/MIS,MTSN/MTSS,MAN/MAS ,Kepala KUA dan Para Pengawas Kementrian Agama sekab R/L,Kegiatan ini di selenggarakan oleh Syari’ ah Kantor Kemenag dari jam 7.30 sampai jam 14.00 bertempat di gedung Balai Pertemuan KPN Depag Curup 28 Mei 2015.

Acara dibuka oleh Sri Hindarti S.Ag.dilanjutkan pembacaan ayat suci alquran oleh Sail Hafa S.Pd.I.Adapun para pemateri akan di sampaikan oleh Kepala Kemenag,dan dari ketua BAZDANAS R/L

Kepala Kemenag Drs.H,M,Ch Naseh M.Ed , memberikan sambutan sekaligus menyampai kan materi dengan kesimpulan sebagai berikut bahwa karyawan karyawati Kemenag harus siap melaksanakan lima budaya Kerja ,Integritas,Profesional,Inovasi,Tanggung Jawab dan Keteladanan. Bagi yang belum berzakat dari penghasilanya maka dengan Melalui Orientasi ini bisa membuka hati hususnya yang hadir untuk segera berzakat ,karena dengan berzakat harta kita akan suci dan berkah. 

Zakat gaji atau penghasilan termasuk kepada zakat profesi. Zakat profesi ini memiliki tiga pendapat dari para ahli fikih. Salah satu di antaranya sebagai berikut. Menganalogikan zakat profesi dengan zakat perdagangan atau emas. Nishabnya 85 gram emas murni 24 karat, dan kadar zakatnya 2.5%, boleh dikeluarkan setiap menerima, kemudian penghitungannya diakumulasikan di akhir tahun.Ungkap Suryono Ketua” BAZDANAS”

Di tambahkan pula penjelasan mengenai perbedaan infak dan shodaqoh , Infaq juga bisa diartikan mengeluarkan sesuatu (harta) untuk suatu kepentingan yang baik.Sedekah bisa diartikan mengeluarkan harta di jalan Allah, sebagai bukti kejujuran atau kebenaran iman seseorang. Maka Rasulullah menyebut sedekah ,Jelas “Suryono”

Penulis : Atin Sugiarti S.Pd.I/C **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :