Kemenag BU: Protokol Memiliki Peran Penting

Kemenag BU: Protokol Memiliki Peran Penting

Bengkulu (Informasi dan Humas) 18/5- Kementerian agama kabupaten bengkulu utara mengadakan kegiatan pelatihan keprotokolan dan kehumasan. Kegiatan ini dilaksanakan di aula sakinah kemenag. Pada kegiatan ini dihadiri 30 peserta yang berasal dari madrasah-madrasah yang berada di lingkungan kabupaten bengkulu utara. pada kegiatan ini yang sebagai narasumber ke-tiga adalah Kasi PAIS, Drs. H. Hamzah. 

Dikatakan Hamzah, Lembaga, institusi, atau organisasi adalah sebuah sistem. Prinsip utama dari suatu sistem adalah memiliki komponen atau unsur dan terdapat hubungan antar unsur tersebut. Untuk itu, diperlukan aturan agar hubungan antar unsur tersebut menjadi harmonis ketika seluruh unsur dipertemukan dalam satu kesempatan atau situasi tertentu. 

Keprotokolan adalah serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi yang meliputi Tata Tempat, Tata Upacara, dan Tata Penghormatan sebagai bentuk penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan atau kedudukannya dalam negara, pemerintahan, atau masyarakat (UU No 8/1997 diperbarui UU No 9/2010). Ujar Hamzah. 

Hamzah menambahkan untuk tujuan strategis, peraturan keprotokolan disusun agar wibawa seorang pemimpin, suatu organisasi, atau negara tetap terjaga. Dengan adanya keprotokolan yang terselenggara sesuai aturan, citra pemimpin, organisasi, atau negara tersebut akan tetap baik di mata yang lain. 

“Jadi, bukan berarti ingin lebih tinggi dari Tuhan, segalanya kok harus diatur-atur sedemikian rupa. Ini semata-mata untuk menjaga relasi,” papar Hamzah. Dengan diadakan Pelatihan Protokoler ini, diharapkan semua peserta pelatihan ini makin paham bagaimana cara mengerjakannya. 

Penulis : Humas BU/C **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :