Siswa MAN Curup penelitian di Lembaga Pemasyarakatan RL

Siswa MAN Curup penelitian di Lembaga Pemasyarakatan RL

Bengkulu (Informasi dan Humas) 4/5- Dalam rangka membina dan membimbing siswa menuju kerah yang lebih baik taat disiplin dalam kehidupan sehari hari, beberapa guru membawa perwakilan siswa untuk berkunjung sekaligus melakukan penelitian wawancara langsung kepada beberapa orang tahanan yang ada di Lembaga pemasyarakatan yang ada di Rejang Lebong. Kegiatan yang diddampingi oleh beberapa dewan guru yang mengajar ini sebagai upaya memberikan pendidikan secara fakta dan real yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat.

Kegiatan yang didampingi oleh Drs. Firdaus, Ch. M.Pd sebagai Waka Sarana MAN Curup, Nini Maya P, S.Pd dan Azmi Helia M.Pd ini mendapat sambutan baik dari petugas Lapas yang bertugas begitu juga dengan sambutan serta kerjasama dari warga binaan Lapas Rejang Lebong. Kegiatan yang melibatkan siswa ini diharapkan menjadi sosialisasi siswa dari siswa untuk siswa.

Pertemuan perwakilan MAN Curup dengan warga binaan Lapas ini dilaksanaak di Musholla Lapas Curup yang menghadirkan beberapa warga binaanya, kegiatan yang berupa wawancara dan Tanya jawab ini menjadi pola penerapan kurikulum yang berlaku. Selain dari pada itu siswa yang mendapat kesempatan untuk mengikuti kegiatan ini mendapatkan nasehat serta harapan dari beberapa warga binaan Lapas Curup mengenai pendidikan dan generasi penerus.

Beberapa siswa mengajaukan pertanyaan kepada para warga binaan mengenai beberapa pelanggaran yang telah mereka lakukan dimasa lalu mereka. “cukup kami yang seperti ini , jangan ada lagi yang seperti kami” ungkap seorang warga binaan yang tidak mau diekpose namanya dihadapan siswa dan guru yang sedang melakukan tanya jawab.

Senada dengan yang disampaikan Drs. Firdaus, Ch. M.Pd, Nini Maya juga menyampaikan harapan yang besar kepada seluruh peserta kegiatan yang hadir. “kita tidak mesti belajar dari pengalaman kita sendiri namun akan menjadi lebih baik lagi jika kita mau belajar dari pengalaman dan kesalahan orang lain” ungkap Nini Maya P, S.Pd saat pulang menuju MAN Curup.

Kedepan MAN Curup berharap untuk terus dapat bekerjasama dengan pihak Lapas dalam membina generasi baru untuk menjadi lebih baik. Lapas membina didalam lapas, MAN Curup mecoba mendidik dan membina melalui jalur pendidikan.

Penulis : Fariq/C **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :