393 Santri Bengkulu Ikuti Pospeda Tahun 2015

393 Santri Bengkulu Ikuti Pospeda Tahun 2015

Bengkulu (Informasi dan Humas) 31/3- Sebanyak 393 santri Pondok Pesantren di Sepuluh Kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu ikuti Pekan Olah Raga Seni Pondok Pesantren Daerah (Pospeda) tahun 2015 yang digelar Dispora Provinsi Bengkulu, Sabtu (27/3).

Pospeda yang dipusatkan di Gedung Olah Raga (GOR) Sawah Lebar Kota Bengkulu itu dibuka langsung oleh Gubernur Bengkulu, H.Junaidi Hamsyah dan didampingi oleh Wakil Gubernur Bengkulu, Ka.Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Kadispora dan Seluruh Kepala Kemenag Kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu. 

Dalam sambutanya Gubernur mengajak seluruh kontingen berlomba secara sportif kemudian ia juga memberikan beberapa pertanyaan dan hadiah kepada para atlet Pospeda untuk memotivasi para peserta lomba.

Sementera itu Ka.Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, DR.H.Suardi Abbas,SH,MH dalam keterangannya menjelaskan bahwa para peserta Pospeda merupakan para santri yang tersebar di puluhan pesantren yang ada di Provinsi Bengkulu yang terdiri dari 261 atlet Putri dan 132 atlet Putri.

"Pesertanya dari sepuluh kabupaten/kota dan peserta terbanyak dari Kabupaten Kepahiang yang mencapai 88 peserta," jelasnya. 

Selanjutnya peserta dari kabupaten Rejang Lebong 69 peserta, Kabupaten Bengkulu Utara 61 peserta, Kota Bengkulu 44 peserta, Kabupaten Bengkulu Selatan 33 peserta, Kabupaten Mukomuko 30 peserta, Kabupaten Bengkulu Tengah 23 peserta, Kabupaten lebong 22 peserta, Kabupaten Kaur 13 peserta dan Kabupaten Seluma sebanyak 10 peserta. 

Kemudian terkait biaya penyelenggaraan Pospeda, menurutnya semuanya dibebankan kepada DIPA Dispora Provinsi Bengkulu dan dengan 9 cabang olahraga yang diperlombakan yaitu cabang atletik, tenis meja, pencak silat, bulu tangkis, sepak takraw, senam santri, futsal, Hadang dan Catur. 

Para pemenang lomba tersebut nantinya akan mengikuti Pospenas pada tahun 2016 mendatang yang tempatnya hingga saat ini masih menunggu keputusan pusat. 

Penulis : Jaja **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :