MIN Pondok Kubang Ajak Siswa Study Tour ke Esa TV dan Musium

  MIN Pondok Kubang Ajak Siswa Study Tour ke Esa TV dan Musium

Bengkulu (Informasi dan Humas) 19/3- Seperti pada tahun lalu, pada tahun ini MIN Pondok Kubang kembali mengadakan kegiatan Outdoor Study atau lebih dikenal dengan istilah Study Tour. Kalau pada tahun lalu MIN Pondok Kubang hanya mengikutkan kelas VI untuk mengikuti kegiatan ini, namun pada tahun ini selain mewajibkan kelas VI, MIN Pondok Kubang juga membolehkan siswa kelas IV dan kelas V untuk ikut dalam kegiatan ini.

Study Tour ini dilaksanakan pada sabtu (14/3) dengan rute perjalanan di mulai dari MIN Pondok Kubang, menuju Esa TV, Museum dan berakhir di Kolam Renang Intan Permata. Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas IV-VI beserta dewan guru dan Staf MIN Pondok Kubang. Dengan mengendarai tiga mobil angkot dan 2 mobil pribadi, tepat pukul 09.00 Wib rombongan Study Tour MIN Pondok Kubang mulai berangkat menuju tempat tujuan yang pertama yakni Stasiun Esa TV yang berada di kelurahan Bentiring Kota Bengkulu.

Adapun tujuan dari kunjungan ke Esa TV ini adalah untuk menambah wawasan siswa tentang media yang ada di Bengkulu yakni salah satunya Esa TV. 

Sesampainya di Esa TV, rombongan MIN Pondok Kubang diterima dengan baik oleh pihak Esa TV. Siswa langsung diajak oleh salah satu karyawan Esa TV yakni niko untuk berkeliling di dalam gedung melihat apa saja yang ada di Esa TV. Para siswa terlihat sangat antusias mengikuti penjelasan yang disampaikan oleh niko. Bahkan dua orang siswa MIN Pondok Kubang yakni Eza dan Zaky diberikan kesempatan untuk mencoba menjadi pembaca berita. Dan ini tentulah menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi mereka.

Usai mengunjungi Esa TV, pada pukul 10.30 Wib para rombongan Study Tour melanjutkan perjalanan ke Museum Bengkulu yang berada di jalan Pembangunan Padang Harapan Kota Bengkulu. Disini para siswa kembali diarahkan oleh guru untuk mencatat hal-hal penting yang mereka temui untuk dijadikan sebagai bahan Laporan Study Tour. Para siswa juga diingatkan untuk tidak menyentuh barang-barang yang ada di dalam museum dan tertib saat berada di dalam museum.

Tepat pukul 12.00 rombongan kembali melanjutkan perjalanan menuju tempat terakhir yakni Kolam renang Intan Permata yang berada di Jalan Fatmawati Ratu Agung Kota Bengkulu. Para siswa yang sudah mulai penat diperjalanan diajak untuk menyegarkan kembali tubuh dan fikiran mereka dengan bermain sekaligus berolahraga di kolam renang, tentunya setelah melaksanakan sholat zuhur dan makan bersama di aula kolam.

Disampaikan oleh Kepala Madrasah Emiyati, M.Pd, “kegiatan Study Tour ini dilaksanakan untuk menambah wawasan siswa. Jadi mereka tidak hanya belajar teori didalam ruangan saja tapi juga kita ajak untuk melihat fakta yang ada dilapangan. Dengan begini, mereka tidak akan gampang merasa bosan namun justru termotivasi untuk bisa terus belajar dan berkembang setiap harinya.” Jelas Emi.

“Kegiatan ini sangat dinanti-nantikan oleh para siswa, karena memang sangat menyenangkan dan banyak manfaatnya. Khusus siswa kelas VI kita wajibkan untuk ikut, karena memang disin kita tugaskan untuk membuat laporan perjalanan Study Tour pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dan untuk siswa kelas IV dan V tidak kita wajibkan, bagi yang mau ikut kita perbolehkan. Pada kegiatan ini siswa diajak belajar sekaligus berlibur kegiatan ini belajar sambil liburan singkat yang kaya manfaat.” tambah Emi.

Setelah lebih kurang dua jam berada di kolam renang, rombongan study tour MIN Pondok Kubang bersiap untuk pulang. Raut wajah riang dan puas terpancar dari wajah mereka. Dengan berbekal beberapa catatan untuk dirangkum menjadi sebuah laporan mereka bergegas menuju mobil masing-masing untuk pulang dan kembali melaksanakan rutinitas seperti biasanya.

Penulis : Eni/C**
Redaktur: H. Nopian Gustari

Bagikan :