Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag RL Dampingi Diknas Penelitian PISA Madrasah

Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag RL Dampingi Diknas Penelitian PISA Madrasah

Bengkulu (Informasi dan Humas) 18/3- Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong Drs. H. M. Ch. Naseh, M.Ed yang diwakili oleh kepala Seksi Pendidikan Madrasah kementerian agama Kabupaten Rejang Lebong Drs. Kadar Najmiddin, M.Ag ikut mendampingi tamu dari Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu bapak Gumay S Gumay yang melakukan kunjungan ke Madrasah Tsanawiayah Negeri (MTs.N) Padang Ulak Tanding Kabupaten Rejang Lebong. 

Kadar Najmiddin mengatakan, bahwa kunjungan Gumay S Gumay ke MTs. N padang ulak tanding adalah untuk melakukan penelitian mengenai program OECD PISA. PISA singkatan dari Programme for International Student Assessment merupakan studi literasi yang bertujuan untuk meneliti secara berkala tentang kemampuan siswa usia 15 tahun dalam membaca (reading literacy), matematika (mathematics literacy), dan IPA (scientific literacy). Studi PISA dilaksanakan oleh Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). 

Dalam kesempatan itu Gumay S Gumay menyampaikan bahwa beberapa tujuan dari pelaksanaan PISA adalah Untuk mengukur kemampuan, keterampilan, dan kesiapan siswa dalam menghadapi proses belajar seumur hidup dan partisipasi mereka dalam masyarakat, untuk menguji tren di setiap domain pembelajaran dari waktu ke waktu dan Untuk memberikan bimbingan pada pengembangan kebijakan pendidikan.

Sedangkan manfaat studi PISA adalah Membandingkan tingkat literasi siswa suatu negara dengan degara lain untuk mengetahui posisi masing-masing negara dan memperbaiki prestasi para siswanya serta untuk memahami kelebihan dan kekurangan sistem pendidikan masing-masing negara.

Penulis : Humas/C **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :