Pemda Kaur Hibahkan 4,5 Ha Untuk MAN Vokasional

Pemda Kaur Hibahkan 4,5 Ha Untuk MAN Vokasional

Bengkulu (Informasi dan Humas) Pemerintah Daerah Kaur akan menghibahkan tanah seluas 4,5 Hektar untuk pembangunan MAN Vokasional. Tanah itu berlokasi di Kabupaten Kaur kurang lebih 5 jam dari Kota Bengkulu.  

Hibah tanah untuk MAN Vokasi disampaikan oleh Bupati Kaur, Herman Malik kepada Direktur Pendidikan Madrasah, Ditjen Pendidikan Islam, M. Nur Kholis Setiawan, Sabtu (06/03) saat kunjungan dinas beserta jajaran Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu ke Kaur.  

M. Nur Kholis Setiawan menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Bupati Kaur, atas komitmennya mengembangkan pendidikan vokasi di lingkungan pendidikan madrasah. “ini wujud sinergitas antara Pemerintah Daerah Kaur dengan Kementerian Agama dalam mewujudkan pendidikan vokasi yang kini dinantikan oleh para siswa madrasah,” lanjut M. Nur Kholis Setiawan.  

Sebagaimana diketahui Kementerian Agama RI melalui Direktorat Pendidikan Madrasah sedang mengembangkan empat tipe madrasah, yaitu: Pengembangan madrasah akademik, madrasah keagamaan, madrasah regular dan pengembangan madrasah vokasional. “Pendidikan vokasional merupakan implementasi dari program pengembangan madrasah vokasi oleh Kementerian Agama untuk melatih ketrampilan hidup para siswa (life skill)”, tandas guru besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini.

Sementara itu, Herman Malik menandaskan bahwa “demi anak bangsa ke depan, kami akan melakukan apa saja termasuk menghibahkan sejumlah asset Pemda untuk pendidikan”. Karena ini masalah sepuluh atau dupauluh tahun yang akan datang, bukan menjawab masalah hari ini saja. 

Ditambahkan oleh Herman Malik, tanah seluas 4,5 Ha tersebut telah dilengkapi dengan lahan pertanian, traktor untuk praktek dan ruang pelatihan Penyuluh Pertanian. Nanti kamiakan sempurnakan bangunannya dan kami akan serahkan kepada Kementerian Agama.

Dalam kunjungannya M. Nur Kholis Setiawan di damping oleh Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu, Suadi Abbas, Kabid Pendidikan Madrasah, Hamdani dan Kankemenag Kaur, Arsan Suryani. Sementara dari Bupati Kaur Herman Malik, didampingi sejumlah Kepala SKPD Kaur utamanya Kepala Dinas Pendidikan. (RB/mkd/mkd) (Pinmas Kemenag RI)

Bagikan :