MIN Pasar Baru Bintuhan Kaur Direlokasi Dengan Aset Yang Lebih Bagus

MIN Pasar Baru Bintuhan Kaur Direlokasi Dengan Aset Yang Lebih Bagus

Bengkulu (Informasi dan Humas) Kementerian Agama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kaur, Bengkulu bersepakat untuk merelokasi MIN Pasar Baru Bintuhan ke lokasi yang lebih bagus. Relokasi ini dilakukan seiring dengan adanya perluasan pembangunan Masjid Agung di Kabupaten Kaur yang lokasinya berdekatan dengan MIN Pasal Baru.

Kesepakatan ini terungkap dalam pertemuan antara Direktur Pendidikan Madrasah, M. Nur Kholis Setiawan, didampingi Kakanwil Kementerian Agama Privinsi Bengkulu, Suardi Abbas, Kepala Bidang Madrasah, Hamdani dan Kankemenag Kaur, Arsan Suryani serta sejumlah Kankemenag di Bengkulu dengan Bupati dan jajaran Pemerintah Kabupaten Kaur, Jumat (06/03). Tujuan dari pertemuan ini memang untuk mencari jalan keluar atas rencana Pemda Kaur merelokasi MIN Pasar Baru, Bintuhan Kaur. 

Sebagaimana diketahui Pemda Kaur sedang membangun Masjid Agung yang lokasinya berdekatan dengan MIN Pasar Baru. Untuk kepentingan perluasan masjid tersebut Pemda meminta kepada Kementerian Agama untuk mencari jalan keluar dengan menawarkan relokasi. 

“Pak Bupati, Herman Malik sepakat merelokasi MIN Pasar Baru Bintuhan di lokasi yang lebih bagus dan strategis yaitu di bekas MES Pemda Kaur yang lokasinya tidak jauh dari lokasi sebelumnya” kata M. Nur Kholis Setiawan.

Lebih lanjut dikatakan oleh M. Nur Kholis, komitmen itu dilakukan demi pengembangan madrasah ke depan, dengan mempertimbangkan posisi strategis geografis madrasah, tempat tinggal para murid, harapan orang tua murid dan aspek yuridisnya. 

Sementara itu Bupati Kaur, Herman Malik mengatakan, “relokasi itu sama-sama menguntungkan baik pihak Pemda Kaur maupun Kementerian Agama”. Kesepakatan relokasi ini nanti akan ditindaklanjuti dengan persetujuan secara tertulis oleh Pemda dalam waktu dekat dan dimintakan persetujuan DPRD Kaur. 

Tukar guling MIN Pasar Baru Bintuhan ke lokasi MES Pemda Kabupaten Kaur merupakan langkah win win solution. Semula lokasi MIN Pasar Baru Bintuhan berdiri di atas lahan kurang lebih 6000 M2 dan kini mendapat lokasi yang luasnya kurang lebih 1 Ha.

Kunjungan yang membuahkan kesepakatan itu didahului dengan peninjauan lokasi MIN Pasar Baru dilanjutkan ke lokasi yang akan digunakan dalam relokasi. Pertemuan diakhiri dengan doa agar apa yang menjadi kesepakatan benar-benar mendapatkan keridloan dan keberkahan dari Alloh swt bagi kemajuan madrasah. (RB/mkd/mkd) (Pinmas Kemenag RI)

Bagikan :