Pokjawas Kemenag Benteng Monitoring MTs Qaryatul Jihad

Pokjawas Kemenag Benteng Monitoring MTs Qaryatul Jihad

Bengkulu (Informasi dan Humas) 4/3- Kordinator Pengawas Madrasah Tsanawiyah baik Negeri maupun Suasta Dahler Rambe didampingi Kasi Pendis Kemenag Benteng Rizal, S. Pd. I, M. Pd, melaksanakan monitoring dan Evaluasi dengan beberapa guru dan waka kesiswaan, kurikulum, Humas sarana. bertempat diruang guru MTS Qaryatul Jihad dari pukul 09.00 s.d. 11.00 WIB. Bertempat di MTS, Senin 02 Maret 2015.

Dalam kesempatan ini Dahler Rambe yang didampingi Pengawas Madrasah Yuyun, S, Pd memeriksa kelengkapan hasil penilaian semester I, administrasi perpustakaan, administrasi kurikulum dan pembelajaran, dan administrasi guru dan administrasi kelas yang terdapat di Madrasah tersebut.

Pemeriksaan administrasi yang berkaitan dengan instrumen perpustakaan; berapa persen (%) siswa mengunjungi perpustakaan setiap bulannya. Perlu adanya program kerja tahunan, laporan program kerja setiap 6 bulan sekali, penambahan buku setiap tahun, jumlah pengunjung setiap harinya, katalok buku harus dipersiapkan baik buku pelajaran maupun buku bacaan lainnya.

Pemeriksaan dilanjutkan dengan pemeriksaan dibidang kurikulum dan administrasi guru meliputi: buku nilai dan buku prestasi catatan perkembangan peserta didik, ananlisis KKM permata pelajaran, analisis ketercapaian KKM setiap guru bidang study.

Deskripsi hasil belajar siswa setiap guru Mata pelajaran, guru perlu ada catatan kemajuan dan perkembangan siswa, leger tanda tangan kepala madrasah sebagai bukti penyerahan Raport. Grafik kehadiran siswa, guru dan pegawai.

Rambe menilai bahwa Tujuan dilaksanakan Monitoring dan evaluasi ini untuk menilai dan mengevaluasi kemajuan MTS Quryatul Jihad baik secara administrasi maupun secara tehnis dilapangan.

“Sedangkan hasil monitoring dan evaluasi (MONEV) sudah cukup baik dari administrasi bukti fisik maupun secara tehnis instrumen yang diajukan. Meskipun terdapat kekurangan disana sini perlu menjadi evaluasi untuk dibenahi, dilengkapi agar kedepannya lebih baik lagi,” jelas Rambe.

Penulis : Guntur/C **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :