MTs.Baitul Makmur Curup Kembangkan Kemampuan Public Speaking

MTs.Baitul Makmur Curup Kembangkan Kemampuan Public Speaking

Bengkulu (Informasi dan Humas) 25/2- Muhadhoroh adalah salah satu dari beberapa kegiatan extrakurikuler yang ada di MTs. Baitul Mamur Curup. Di dalam kegiatan muhadhoroh yang dilaksanakan setiap hari jum’at pagi ini santri dilatih untuk berbicara didepan publik (Jama’ah) hal ini dianggap penting karena salah satu tujuan dari madrasah adalah mencetak generasi pendakwah menuju kebaikan. Kegiatan ini dilaksanakan di Masjid Agung Baitul Makmur Curup lantai satu dengan pembina Ust. Tarmizi, S.Pd.I dan Ust. Aan Nusantara, S.H.I. Mengingat perlunya persiapan yang dilakukan para peserta dalam menjalankan tugas mereka sebagai “Singa Podium” pembina extrakurikuler ini membuat Public Speaking Book yangharus dimiliki setiap peserta kegiatan extra ini.

Adapun penggunaan teknis Public Speaking Book ini adalah untuk menulis teks pidato, ceramah, MC ataupun materi yang disampaikan oleh pembina kegiatan ini. Setiap santri yang bertugas wajib membuuat teks atau materi yang akan disampaikan dan di perikasa oleh pembina,jika sudah mendapat persetujuan dan diperbaiki maka materi tersebut boleh disamapaikan pada saat kegiatan Muhadhoroh ini berlangsung.

“Perencanaan dan persiapan merupakan hal yang mutlak, terlebih ini adalah salah satu proses pendidikan kepada seluruh peserta yang nantinya akan hadir ditengah masyarakatnya, mari kita bekali mereka dengan ilmu yang merujuk pada dakwah islamiyah” harap H. Usep Saepudin, S.Ag. M.Pd saat menrima laporan bulanan dari pembina kegiatan Extrakurikuler Muhadhoroh di ruang kepala madrasah.

Kegiatan muhadhoroh yang dikuti oleh 187 santri ini di bagi menjadi dua kelompok besar dan tiap kelompok dibagi lagi menjadi tujuh kelompok kecil, dan tiap kelompok kecil memiliki ketua yang akan mengkoordinir kelompoknya. Setiap Juma’at akan ada dua kelompok yang menjadi “Singa Podium” dan ada satu kelompok sebagai penyelenggara.

“Muhadhoroh bukan sekedar melatih anak untuk seni retorika namun ini adalah disiplin, tanggung jawab dan pendidikan bagi yang mendapat jadwal tugas ataupun sebagai pendengar” tegas Aan Nusantara, S.Hi dalam memberikan evaluasi kepada peserta kegiatan muhadhoroh MTs. Baitul Makmur Curup.

Penulis : Humas/C **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :