MAN Lebong Kukuhkan Calon Paskibraka

MAN Lebong Kukuhkan Calon Paskibraka

Bengkulu (Informasi dan Humas) 13/2- MAN Lebong mengadakan kegiatan Pengukuhan Calon Paskibra MAN Lebong dan SMK URAM JAYA angkatan Tahun 2015 yang telah diadakan pada tanggal 7-8 Februari 2015. Kegiatan ini diadaan di kompleks MAN Lebong dan melibatkan anggota Purna Paskibra Indonesia (PPI) dan Purna Paskibraka Sekolah (PPS) dari beberapa sekolah yang tersebar di Kabupaten Lebong. Kegiatan pengukuhan ini diadakan untuk meresmikan dan menggeladi anggota PPS yang baru di MAN Lebong dan SMK Uram Jaya. 

Acara pengukuhan calon paskibraka, dimulai pada jam19.00 WIB, yang dihadiri oleh; Pembina PASKIBRA MAN Lebong, Bapak Wance, SP., senior PPI Kabupaten Lebong, yaitu Dwi Nopiyanto dan Hengki yang meruakan PPI senior angkatan tahun 2007, serta senior PPI dan PPS dari MAN Lebong dan SMK Uram Jaya. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Sekolah MAN Lebong, Bapak Aji Agus Salim, M.Pd., lalu kemudian dilanjutkan dengan pengarahan penggeladian kepada capaskibra yang akan dikukuhkan. Peserta pengukuhan capaskibra berjumlah 15 oran. 9 orang merupakan capaskib MAN Lebong dan 6 orang capaskib dari SMK Uram Jaya.

Adapun rangkaian acara yang dilaksanakan setelah acara inti meliputi penggeladian yang terdiri dari tujuh pos yang harus dilewati oleh capaskib, dan renungan suci. Penggeladian dilaksanakan pada pukul 00.00 WIB s.d 04.00 WIB. Masing-masing capaskib harus melalui tujuh pos yang dijaga oleh PPI dan PPS senior. Pos 1 menguji tentang pengetahuan umum paskibra yang dimiliki oleh capaskib. Pos 2 merupakan pos pengujian pengetahuan dasar paskibra, pos 3 menguji kemampuan PBB capaskibra, pos 4 merupakan lanjutan dari pos 1, yang menguji tentang pengetahuan umum lanjutan. Adapun pos 6 menguji pengetahuan tentang melipat bendera dan lagu-lagu wajib nasional, serta lagu wajib paskibra. Lalu capaskibra hrus melalui pos terakhiryang menguji kemampuan PBB yang lebih mendalam daripada pos ke 3.

Setelah rangkaian kegiatan penggeladian selesai, dilanjutkan dengan renungan pada pukul 05.00 s.d 06.00 WIB, kemudian dilanjutkan dengan sarapan pagi berikut senam pagi, dan peserta dipersilahkan bersiap-siap untuk pulang. Rangkaian kegiatan pengukuhan capaskibra MaN Lebong dan SMK Uram Jaya ini selesai pada pukul 10.00 WIB. 

Penulis : Pitaloka/C ** 
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :