Siswa/i MIN Talang Empat Lakuan Eksplorasi dan Praktek

Siswa/i MIN Talang Empat Lakuan Eksplorasi dan Praktek

Bengkulu (Informasi dan Humas) 9/2- Proses pembelajaran Eksplorasi dan Praktik langsung dilaksanakan oleh siswa Madrasah Ibtidaiyyah Negeri Desa Talang Empat Kecamatan Karang Tinggi Kabupaten Bengkulu Tengah dalam bidang studi Ilmu Pengetahuna Alam (IPA). Kamis 05 Februari 2015 pada pukul 08.00 Wib bertempat diruang kelas VI. 

”Pembelajaran ini melibatkan peserta didik melalui pancainderanya sehingga siswa menjadi aktif dan terlatih serta dapat merespon stimulasi yang diterimanya” jelas Nensi Hartini, S.Pd guru bidangstudi IPA di MIN Talang Empat.

Dengan bimbingan guru siswa kelas VI melaksanakan pembelajaran dengan mengeksplorasi dan praktik langsung pada pokok bahasan perubahan pada benda dengan mengambil sampel paku, roti dan pisang. Benda tersebut dibagi menjadi tiga pengamatan yang diobservasi selama tujuh hari. Sebagai contoh pengamatan pertama,  

Siswa mengamati perubahan padapaku yang direndam dalam air tawar, Direndam dalam air garam dan paku yang diletakkan dalam wadah yang diisi tanah serta paku yang tanpa diberiapa pun. Pengamatan kedua, siswa mengamati pisang yang diletakkan dalam wadah yang ditutup dengan plastic hitam dan pisang yang diletak kandalam wadah tanpa ditutup.

Pengamatan ketiga, di mana siswa mengamati roti yang ditetesi sedikit air dan roti tanpa ditetesi air. Di hari ketujuh siswa memaparkan di depan kelas hasil observasinya terhadap perubahan pada benda tersebut.

Siswa terlihat aktif mengobservasi kegiatan pembelajaran tersebut. Pembelajaran menjadi lebih menarik perhatian siswa, lebih menyenangkan dan bermakna serta memancing rasa ingin tahu siswa. Kegiatan ini mendapat respon yang positif dari kepalasekolah Rahman,S.Ag,M.PdI. “Pembelajaran ini harus ditingkatkan lagi dan bekelanjutan supaya siswaselalu tertarik untuk belajar menemukan hal-hal yang baru di luar pengetahuan mereka” Ungkap Rahman.

Penulis : Guntur/C **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :