MAN Curup Laksanakan Try Out Siswa Kelas XII

MAN Curup Laksanakan Try Out Siswa Kelas XII

Bengkulu (Informasi dan Humas)  24/12- Selasa, 16 desember 2014 MAN curup mengadakan Try Out (TO) untuk seluruh siswa kelas XII untuk mempersiapakan mental siswa dalam menghadapi Ujian Nasional 2015. Selain itu ujian ini dilaksanakan sebagai upaya dan usaha pihak sekolah untuk mengukur kemampuan akademik siswa dan evaluasi bagi guru bidang. Kegiatan TO ini dimulai pada pukul 07.30 s/d 12.00 setiap harinya hingga tanggal 18 desember 2014. TO ini dikuti oleh 294 orang siswa-siswi kelas XII MAN Curup.

Adapun mata pelajaran yang di ujikan adalah Bahasa Indonesia, Fisika, Ekonomi, Bahasa Arab, Ushul fiqh, Kimia, Sosiologi, Sastra Indonesia, Ilmu Hadits, Bahasa Inggris, Matematika, Biologi, Geografi, Antropologi dan ilmu tafsir. MAN Curup sudah memiliki Empat jurusan antara lain IPA, IPS, Bahasa dan Agama.

Pada ujian TO siswa dibekali dengan mental untuk bekerja snediri tanpa ada tindakan kecurangan sedikitpun guna mengukur kemampuan akademik siswa kelas XII. “kepada para mengawas agar melaporkan siswa yang mencoba bertindak curang, akan kita tindak tegas” tegas Drs. Abdul Munir, M.Pd Kepala MAN Curup kepada seluruh pengawas ujian TO yang akan mengawas siswa-siswi kelas XII.

TO yang dilaksanakan ini diharapakan agar menjadi motivasi belajar pada seluruh siswa-siswa kelas XII dan memberikan gambaran kepada merakan model dan bentuk soal ujian yang akan mereka hadapi nanti ketika pelaksanaan Ujian Nasional yang sesungguhnya. Dengan mendesain ruang sesuai dengan keadaan ruang seperti ujian nasional agar situasi yang kondusif dan efektif bisa tercipta dan menjadikan siswa-siswi lebih konsentrasi dalam menjawab pertanyaan yang ada pada lembar soal ujian TO tersebut.

TO yang dilaksanakan ini adalah TO tahap pertama yang dilaksanakan oleh pihak sekolah, yang nantinya akan ada TO tahap berikutnya untuk tingkat Kabupaten maupun Provinsi dan bekerja sama dengan lembaga belajar yang ada didaerah. Usaha dan upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah mempersiapkan siswa-siswi pada Ujian Nasional nanti sudah diupayakan diantaranya dengan mengadakan Les pada mata pelajaran yang akan diujian pada Ujian Nasional.

“Untuk siswa/i yang tidak mengikuti Les/TO kita panggil orang tua/walinya, kita akan tanyakan mengapa tidak ikut” tegas Kepala Madrasah pada seluruh siswa-siswi kelas XII. Sekolah mengharapakan adanya kerjasama antara Sekolah dan Orang tua/wali siswa agar tidak terjadi kendala dalam upaya meningkatkan kesiapan mental dan akademik siswa kelas XII dalam menghadapi ujian nasional nanti.

Penulis : Humas MAN/C **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :