Cegah Kekerasan Anak, Kemenag Benteng Ingatkan Guru dan Orangtua

Cegah Kekerasan Anak, Kemenag Benteng Ingatkan Guru dan Orangtua

Bengkulu (Informasi dan Humas) 2/12- Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten BengkuluTengah Drs. H. Ajamalus, MH. Senin 1 Desember 2014 pada pukul 09.00 Wib bertempat di Madrasah Ibtidaiyyah Satu Atap Desa Dusun Anyar Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah mengingatkan para Guru di Madrasah dan Orangtua dirumah untuk mencegah anak dari tindakan pelaku kekerasan.

Menurut Kepala Kemenag Ajamalsu tentang kasusu kekerasan pada anak merupakan kejahatan sosial dan budaya yang dapat merusak masa kecil anak-anak yang tak berdosa. Sebagai orang tua dan Guru di sekolah, tugas pertama dan utama, adalah untuk memastikan bahwa anak tidak mengalami kekerasan. Tetapi, ini tidak sesederhana kedengarannya. Sebagai Guru dan Orang tua harus menjadi orang tua yang sangat waspada untuk bisa melindungi anak-anak Anda dari kekerasan.

Menurut Ajamalus ada beberapa tips dan cara yang harus diketahui oleh seorang Guru dan para Orang Tua dalam mengawasi anak terhadap prilaku kekerasan, pertama yang harus dilakukan selaku Guru dan Orang tua adalah memberikan penjelasan apa itu “Kekerasan”, hal lain juga harus diperhatikan beberapa tips yang harus dilakukan oleh para Guru dan Orangtua terhadap anak.

Tips tersebut menurut Ajamalus antara lain, perhatikan orang-orang yang berada disekeliling anak, artinya pengawasan terhadap anak itu penting, apa lagi para Guru di Sekolah pengawasan terhadap anak diwaktu jam sekolah sangatlah penting, jangan meninggalkan anak tanpa ada satupun Guru dan orang tua ketika anak melakukan kegiatan, kenali terhadap anak tanda-tanda kekerasan dan sebagai Guru dan Orangtua harus bisa mengenali pola tingkah laku dan rasa takut kepada anak, mudah-mudahan dengan beberapa cara ini kita dapat mencegah kekerasan kepada anak, Jelas Ajamalus ketika menyampaikan nasehat kepada siswa MI yang berada di DesaDusun Anyar.

Penulis : Guntur/C **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :