MIM Lubuk Kembang Ikuti Sosialisasi Teknik Pembuatan Kisi-Kisi

MIM Lubuk Kembang Ikuti Sosialisasi Teknik Pembuatan Kisi-Kisi

Bengkulu (Informasi dan Humas) 21/11- Kepala MIM Lubuk Kembang dan tiga orang dewan guru ikuti Teknik Pembuatan Kisi Kisi, bertempat di gedung Sekretariat KKKMI Kab R/L yang berlokasi kan pada MIN I Dusun Curup Rabu 20 /11/2014.Kegiatan ini di ikuti oleh seluruh guru MIN,MIS yang ada di kab R/L dengan satu sekolah membawa tiga orang perwakilan dari sekolahnya masing masing.

Wawan Herianto S.Pd MM Ketua KKKMI R/L sengaja menghadirkan Pembuat Tim Soal UN tingkat Provinsi Sutoto yang di dampingi oleh Srimartini.

Dalam sambutanya Ketua KKKMI mengatakan tujuan teknik pembuatan Kisi Kisi Ini adalah Ada beberapa teman guru masih banyak yang mengeluhkan bagaimana cara membuat butir soal yang baik dan benar, hal ini wajar karena sebagian kutub pendidikan baik gugus, PGRI atau UPTD kadang tidak mempedulikan hal mendasar bagi guru ini.

Nah saat ini adalah kesempatan untuk belajar dan menyimak penjelasan alur pembuatan sampai proses pembuatan soal, mudah-mudahan hal ini berguna bagi guru-guru semua.

Tujuan penyusunan kisi-kisi adalah untukmenentukan ruang lingkup dan tekanan tes yang setepat-tepatnya, sehingga dapat menjadi petunjuk dalam menulis soal. Adapun wujudnya dapat berbentuk format atau matrik. 

Syarat kisi-adalah Mewakili isi kurikulum yang akan diujikan, Komponen-komponennya rinci, jelas, dan mudah dipahami, Soal-soalnya dapat dibuat sesuai dengan Indikator dan bentuk yang yang ditetapkan.

Perumusan Indikator Soal menggunakan kata kerja operasional (perilaku khusus) yang tepat, menggunakan satu kata kerja operasional untuk soal objektif, dan satu atau lebih kata kerja operasional untuk soal uraian/tes perbuatan, dapat dibuatkan soal atau pengecohnya (untuk soal pilihan ganda), Ungkap Sutoto.

Penulis : Atin Sugiarti S.Pd.I/C **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :