Gedung Perpustakaan MIN Talang Empat Benteng Terancam Abrasi Sungai

Gedung Perpustakaan MIN Talang Empat Benteng Terancam Abrasi Sungai

Bengkulu (Informasi dan Humas) 18/11- Akibat musim hujan sepanjang bulan Oktober dan Nopember 2014 ini banyak bangunan pemerintah, seklolah yang terancam rusak bahkan dibawa alur sungai, termasuk gedung perpustakaan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah yang juga terancam abrasi sungai yang cukup besar dan hanya berjarak sekitar satu meter dari pinggir sungai dan sangat mengancam lonsornya gedung perpustakaan ini.

Kepala MIN Talang Empat Rahman Umar, S.Ag, M.Pd.I kepada operator Website Kantor Kemenag Benteng menjelaskan bahwa bangunan perpustakaan ini pada saat dibangun oleh kantraktor jaraknya cukup jauh berkisar sekitar 10 meter dari bibir sungai, tapi seiringnya seirng terjadi musim hujan dengan diserta aliran sungai banjir, maka bibir sungai ini setiap musim hujan dan banjir terjadi longsor (abrasi) sehingga sekarang hanya berjarak sekitar satu meter lagi dari tembok bangunan.

Hal ini kata Kepala MIN Talang Empat tinggal menunggu waktunya lagi bangunan ini akan runtuh dan hanyut dibawa arus sungai yang sangat besar ini kalau tidak segera diatasi dengan mebuat bronjong atau pelapis sungai, tentunya kejadian yang dapat merugikan kita semua, khususnnya siswa MIN Talang Empat ini tidak kita inginkan, karena dapat mengganggu aktifitas belajar siswa dan pada akhirnya akan menurunkan kualitas output dari madrasah kita ujarnya.

Oleh karena itu saya yang diberikan amanah selaku Kepala MIN Talang Empat mengharapkan kepada Kepala Kantor Kemenag Bengkulu Tengah untuk dapat membantu mencari solusi abrasi ini. Kami sudah mengusulkan anggaran untuk mengatasi abrasi sungai ini melalui penyusunan RKA/KL tahun anggaran 2015 dan sudah kami sampaikan kepada pihak Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Bengkulu secara resmi agar dapat dimasukkan di dalam DIPA MIN Talang Empat pada tahun anggaran 2015 harapnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Tengah Drs. H. Ajamalus, MH menanggapai hal ini menjelaskan bahwa anggaran untuk pelapis sungai atau bronjong ini memang benar sudah diusulkan oleh Kepala MIN Talang Empat dalam RKA/KL tahun anggaran 2015. Saya selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Tengah telah menyampaikan secara langsung kepada Kepala Subbag perencanaan dan Keuangan Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Bengkulu sekaligus berharap agar usulan tersebut dimasukkan dalam anggran prioritas tahun 2015.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Tengah melalui berita website ini berharap agar penyusun DIPA anggaran tahun 2015, baik tim perencana daerah maupun tim perencana Kemenag RI Jakarta dapat mengetahui kondisi gedung perpustakaan yang nyaris dibawa air ini, karena poto yang ditampilkan ini adalah hasil potretan operator website tanggal 15 Nopember 2014, dimana ketika itu siswa siswa MIN Talang Empat sedang ramai-ramai menyaksikan banjirnya sungai yang menyebabkan gedung perpustakaan ini akan ikut abrasi sungai jika tidak segera diatasi pinta H. Ajamalus.

Penulis : Guntur/C **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :