Kepala KUA Curup Tengah Ikuti Sedeqah Bumi

Kepala KUA Curup Tengah Ikuti Sedeqah Bumi

Bengkulu (Informasi dan Humas) 14/11- Kamis,tanggal 13 Nopember 2014 bertempat di Balai Desa Air Bang Kecamatan Curup Tengah dilaksanakan kegiatan Sedeqah Bumi atau Kenduri Agung oleh masyarakat Kelurahan Air Bang Kecamatan Curup Tengah. Hal ini dikatakan Supianto,SHI,MHI Kepala KUA Kecamatan Curup Tengah Kabupaten Rejang Lebong saat menghadiri acara.

Ia mengatakan kegiatan Sedeqah Bumi atau juga dikenal dengan istilah Kenduri Agung tersebut adalah merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan kegiatan Bhakti Sosial PKK-KB-KESEHATAN yang dilaksanakan oleh Pemda Rejang Lebong yang dipusatkan di Balai Desa Kelurahan Air Bang Kecamatan Curup Tengah. 

Ada beberapa rangkaian kegiatan bersamaan dengan kegiatan Bhakti Sosial tersebut, diantaranya : Pelantikan Pengurus Badan Permusyarawatan Desa (BPD) Desa Air Merah, Pelayanan Kesehatan Gratis, diantaranya : Pemasangan Alat Kontrasepsi KB gratis, Sunat Masal, Pengobatan Gratis, Pemberian Santunan kepada Dhuafa’, Pemberian Beasiswa, Pengajian Akbar, dan Sedeqah Bumi atau Kenduri Agung oleh Masyarakat Kelurahan Air Bang Curup Tengah.

Sementara itu, kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Rejang Lebong beserta istri, Wakil Bupati Rejang Lebong beserta istri, Anggota DPR Rejang Lebong, Unsur SKPD Rejang Lebong, Kepala Dinas Intansi, Kepala KUA Kecamatan Curup Tengah, Kepala Sekolah dalam wilayah Curup Tengah, Camat se-Kabupaten Rejang Lebong, Pengusus BMA Kabupaten Rejang Lebong dan BMA Curup Tengah, Ketua MUI Kecamatan Curup Tengah, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat Curup Tengah, dan segenap lapisan masyarakat Kelurahan Air Bang Kecamatan Curup Tengah.

Berkenaan dengan kegiatan Sedeqah Bumi atau juga dikenal dengan istilah Kenduri Agung atau dalam adat Rejang dikenal dengan istilah Kedurei Agung, adalah merupakan tradisi atau adat yang lazim dilaksanakan oleh masyarakat yang mayoritas Suku Jawa. Begitupun halnya dengan kegiatan Sedeqah Bumi yang dilaksanakan oleh masyarakat Kelurahan Air Bang. 

Ini sudah merupakan Agenda Tahunan yang setiap tahun dilaksanakan tepatnya di Bulan Muharam. Adapun maksud dan tujuan dilaksanakannya Sedeqah Bumi ini adalah sebagai cara masyarakat untuk bersyukur atas nikmat Allah yang telah memberikan rejeki terutama dari hasil bumi atau pertanian, selain itu juga sebagai upaya untuk menolak atau menjauhkan balak dan gangguan-gangguan bagi masyarakat serta uantuk mensucikan kampung.

Sebagaimana yang dikatakan oleh Lurah Kelurahan Air Bang Bapak Sugianto,S.Sos dalam penjelelasannya menyebutkan :”Bahwa kegiatan Sedeqah Bumi ini adalah merupakan tradisi atau adat yang memang menjadi Agenda Tahunnan masyarakat Kelurahan Air Bang meneruskan tradisi orang tua dulu. Kegiatan ini sebagai wujud rasa syukur nikmat dan juga untuk menghindari balak dan hal-hal yang tidak diinginkan bagi warga masyarakat khususnya di Kelurahan Air Bang”. Demikian kata Lurah Air Bang.

Dalam pelaksanaan Sedeqah Bumi ini, ada beberapa rangkaian kegiatan, yaitu : Terlebih dahulu acara dibuka oleh pengantar acara, dilanjutkan dengan acara Pengikraran yang dipandu atau dilaksanakan oleh salah seorang sesepuh masyarakat, yang pada intinya adalah menguraikan maksud dan tujuan kegiatan Sedeqah Bumi dalam Bahasa Jawa, setelah itu dilanjutkan dengan Pembacaan Do’a oleh Kepala KUA Kecamatan Curup Tengah Supianto,S.Ag,MHI. Setelah pembacaan Do’a lalu dilanjutkan dengan Makan Bersama, yakni menyantap aneka makanan terutama hasil bumi atau hasil pertanian yang memang dibawa dan disumbangkan oleh warga masyarakat.

Penulis : Supianto,S.Ag.MHI/C **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :