Pengawas PAI Kemenag RL Pembina Upacara Di MIN 01 Dusun Curup

Pengawas PAI Kemenag RL Pembina Upacara Di MIN 01 Dusun Curup

Bengkulu (Informasi dan Humas) 10/11- Senin, 10 November 2014, MIN 01 Dusun Curup kembali menerima kehadiran pembina tamu. Pada kesempatan upacara bendera kali ini, yang bertindak sebagai pembina adalah Pengawas PAI Kementerian Agama Kab. Rejang Lebong yakni Bapak Muhammad Joko Mulyono, S.Pd. I. Dalam amanatnya, beliau menyampaikan beberapa poin penting sekaligus motivasi baik untuk dewan guru maupun siswa.

Pertama, beliau memotivasi siswa untuk lebih bersemangat dalam belajar dan menuntut ilmu dari hari ke hari. “Yang namanya menuntut berarti meminta, bukan sekedar menerima materi. Jadi anak-anak berhak meminta penjelasan lebih kepada guru manakala kalian belum mengerti pokok bahasan yang sedang dipelajari”, ujarnya. Disamping itu, kedekatan emosional antara guru dan siswa juga perlu guna memperlancar proses pembelajaran. Misalnya saja hal-hal kecil seperti pentingnya siswa mengetahui nama-nama guru yang mengajar dan tempat tinggal. 

Kedua, Bapak Joko mengingatkan kepada siswa akan pentingnya pemeliharaan akhlak sebagai pribadi muslim yang baik. Kembali beliau mencontohkan akhlak dari hal kecil seperti adab makan; harus tangan kanan dan duduk tenang. Bukan makan sambil berjalan. Menghabiskan nasi tanpa bersisa sebutir pun di piring, dan lain-lain. Tampak anak-anak antusias mencerna amanat pembina ini.

Selanjutnya, Pengawas PAI Kemenag Rejang Lebong ini menghimbau dewan guru agar tetap menanamkan konsep “semua anak baik dan cerdas”. Tidak ada anak yang bodoh, yang ada hanyalah malas dan tidak berminat menggali potensi diri. Maka tugas gurulah menyalakan sulur semangat belajar siswa dengan metode dan pendekatan yang menarik sehingga suasana di kelas tetap hidup.

Selain sebagai pembina upacara, tujuan kedatangan Bapak Joko Mulyono ini adalah untuk melakukan evaluasi, pembinaan dan pengawasan terhadap guru mata pelajaran fiqih MIN 01 Dusun Curup. Diharapkan pembinaan ini dapat meningkatkan profesionalitas guru baik secara administrasi maupun pada saat melakukan proses kegiatan belajar mengajar.

Penulis : Dahlia Siregar/C **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :