Kasubbag Inmas: Ka.Kemenag Harus Pahami Tupoksi Subbag Inmas

Kasubbag Inmas: Ka.Kemenag Harus Pahami Tupoksi Subbag Inmas

Bengkulu (Informasi dan Humas) 24/10- Seluruh Kepala Kemenag Kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu diharuskan untuk memahami tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Subbag Informasi dan Humas, Kata Kasubbag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, H.Nopian Gustari JH,S.Pd.I,M.Pd.I, Selasa (21/10). 

Hal itu disampaikan Nopian Gustari saat memberikan materi pembinaan tupoksi kehumasan dan pentingnya pemanfaatan teknologi Informasi di Kantor Kemenag Kabupaten Rejang Lebong yang juga dihadiri oleh Kepala KUA, Kepala Madrasah dan para operator. 

Menurut dia, selama ini para Kepala Kemenag cenderung belum memahami akan tupoksi Subbag Inmas yang selain sebagai corong informasi di Kementerian Agama juga sebagai garda terdepan dalam menumbuhkan pelayanan publik di Kementerian Agama. 

"Kita harus pahami bahwa selain sebagai corong informasi dan publik relation, humas juga memiliki peran strategis dalam pemanfaatan teknologi informasi, PPID, LPSE, SIRUP serta Website," ungkapnya. 

Dijelaskanya bahwa sejak Munculnya Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik kemudian Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 tahun 2008 menjadikan Subbag Informasi dan Humas memiliki peran yang cukup vital dalam memberikan pelayanan baik intren maupun ekstren. 

Secara intern Subbag Informasi dan humas dikatakanya harus mampu menciptakan citra positif dengan melakukan komunikasi yang baik dengan berbagai media, lembaga dan stakeholder terkait, sementara secara ekstren Subbang Inmas dituntut untuk dapat memberikan pelayanan secara baik seperti Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) dan Penyediaan data melalui Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi yang semuanya telah memiliki payung hukum. 

Untuk itu, kepada para kepala Kemenag agar dapat memahami Tupoksi itu dengan mendukung topoksi di Subbag Inmas seperti pembuatan berita online untuk mengisi konten website, pengiriman data untuk PPID sampai peran aktif para operator dalam penggunakan LPSE. 

"Hitam putihnya Kementerian Agama ada dipundak Subbag Inmas, mari kita dukung reformasi birokrasi dengan memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat," pungkasnya.

Penulis : Jaja **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :