Efektifkan MI Kelas Jauh Pondok Kubang, Kemenag Benteng Undang Kepala MIN dan Kepala Desa

Efektifkan MI Kelas Jauh Pondok Kubang, Kemenag Benteng Undang Kepala MIN dan Kepala Desa

Bengkulu (Informasi dan Humas) 15/10- Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Tengah Drs. H. Ajamalus, MH. Didampingi Kasi Pendidikan dan Madrasah Rizal, S. Pd.I, M. Pd, Pada Selasa 14 Oktober 2014 lebih kurang pukul 13.00 Wib yang bertempat diruang kerjannya Kantor Kemenag Benteng Desa Renah Semanek Kecamatan Karang Tinggi memberikan mengadakan pertemuan dengan Kepala MIN Pondok Kubang Emiyati, M.Pd sebagai penanggung jawab kelas jauh yang berada di desa Dusun Anyar Kecamatan Pondok Kubang Kabupaten Bengkulu Tengah.

Ikut diundang dan hadir dalam pertemuan tersebut adalah Kepala desa Dusun Anyar Thamrin, yang juga sebagai guru bantu pada kelas jauh MIN Pondok Kubang di Dusun Anyar, selain itu hadir pula penanggung jawab lokal jauh MIN Pondok Kubang di dusun Anyar Novem Muryadi, S. Pd.I, M. Pd yang juga sebagai guru pada kelas jauh tersebut.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Tengah Drs. H. Ajamalus, MH langsung memimpin pertemuan tersebut memberikan penjelasan kepada Kepala desa Dusun Anyar Thamrin tentang status kelas jauh ini, dimana kelas jauh ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari madrasah induk, yaitu MIN Pondok Kubang. 

Oleh karena itu pada hakekatnya satatus kelas jauh yang berada di Dusun Anhyar ini adalah siswa MIN Pondok Kubang yang hanya belajar di dusun Anyar mengingat jaraknya cukup jauh dari madrasah induk. Dengan demikian tanggung jawab penyelenggaraan kelas jauh ini menjadi tanggung jawab madrasah induk, baik dari tenaga Pendidik, tenaga kependidikan maupun sarana dan prasarana belajar sesuai dengan kemampuan yang ada pada MIN Pondok Kubang ulasnya. 

Demi kemajuan kelas jauh MIN Pondok Kubang yang terletak di Dusun Anyar ini, Kepala Kemenag Benteng mengharapkan kerja sama yang baik antara madrasah induk dengan penanggung jawab kelas jauh serta kerja sama Kepala Desa dan aparatnya, tokoh agama, tokoh masyarakat serta wali murid yang ada di desa Dusun Anyar pinta H.Ajamalus.

Sementara itu Kepala MIN Pondok Kubang Emiyati, M.Pd menjelaskan bahwa MI Kelas Jauh tersebut terletak di Dusun Anyar Kecamatan Pondok Kubang Kabupaten Bengkulu Tengah yang tidak terlalu jauh dengan Pusat perkantoran Desa Renah Semanek. Dijelaskan pula bahwa kelas jauh ini sekarang ini terdiri dari 3 kelas yaitu kelas I sampai kelas III dengan jumlah siswa keseluruhannya sebanyak 14 orang, dengan rincian kelas IB laki-laki berjumlah 3 orang dan perempuan 2 orang.

Sementara itu untuk jumlah kelas II B tidak terdapat siswa laki-laki hanya ada siswa perempuan dengan 3 orang siswa, sedangkan kelas III B dengan siswa laki-laki berjumlah 4 orang dan perempuan berjumlah 2 orang dengan total keseluruhan siswa pada sekolah tersebut berjumlah 14 orang siswa. Kepala MIN Pondok murid yang naik kelas empat langsung pindah ke MIN Pondok Kubang sabagai Madrasah Induk sampai selesai mengikuti ujian bersama dengan murid-murid yang ada di madrasah induk jelas Emiyati.

Kepala MIN Pondok Kubang juga menjelaskan tetang peran dan tanggung jawasb yang nsudah dilakukan demi kemajuan kelas jauh ini adalah selalu melakukan pembinaan kepada dewan guru dalam rangka mengefektifkan Kegiatan Belajar di kelas jauh Dusun Anyar yaitu berupa tunjangan Guru. Tunjangan guru tersebut ada berupa Tunjangan Fungsional (TF) dan Tunjangan Guru Terpencil (GUCIL), disamping juga dua orang guru asal Dusun Anyar yaitu Edi Martoni dan Bapak Thamrin sebagai Kepala desa yang ikut mengajar juga diberikan honor setiap bulannya dari anggaran DIPA MIN Pondok Kubang.

Dari jumlah guru sebanyak 7 (tujuh) orang yang mengajar di kelas jauh ini semuanya mendapat honor, baik berupa tunjangan fungsional maupun tunjangan guru terpencil (Gucil). Dari data yang diperoleh Kepala MIN Pondok Kubang hanya satu orang guru yang belum mendapatkan Tunjangan Fungsional dan Tunjangan Gucil adalah atas nama Tamrin, namun ia diberikan honor bulanan sesuai dengan anggaran DIPA pada MIN Pondok Kubang.

Sedangkan yang telah menerima tunjangan Fungsional Guru dan Tunjangan Guru Terpencil adalah, Deliyanti TF dan Guci, Edi Martoni (TF dan Sertifikasi), Rahmat Firmansyah (TF dan Guci), Novem Muryadi (TF dan Guci), Lidya Ria Darti (TF dan Guci), Eni Sartika (TF dan Guci). Adapun penanggungjawab MI tersebut adalah Novem Muryadi, S. Pd.I, M. Pd.

Dari penjelasan kepala MIN Pondok Kubang dihadapan kepala Desa dusun Anyar ini, Kepala Kemenag Benteng merasa puas dan mengucapkan terima kasih kepada Kepala MIN Pondok Kubang yang telah memperhatikan kelas jauh ini dengan baik dan sungguh-sunguh sehingga anak-anak kita yang ada di desa Dusun Anyar dapat mengikuti KBM dengan baik, walaupun disadari masih banyak sarana dan prasarana yang aharus dilengkapi dimasa yang akan datang.

Penulis : Guntur/C **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :