MIN 01 Dusun Curup Adakan Penyuluhan Cara Sikat Gigi

MIN 01 Dusun Curup Adakan Penyuluhan Cara Sikat Gigi

Bengkulu (Informasi dan Humas) 24/6- Lebih baik sakit hati dari pada sakit gigi, Begitulah ungkapan yang lazim terdengar dari para penderita sakit gigi kebanyakan. Penyebabnya beragam, namun yang paling sering seseorang merasakan sakit gigi karena gigi itu sendiri berlubang. 

Jika dirunut lagi, gigi dapat berlubang karena adanya sisa makanan menempel di gigi yang kemudian diuraikan oleh bakteri. Untuk itulah setiap orang perlu menjaga dan merawat kesehatan gigi, salah satunya dengan cara menyikat gigi secara rutin.

Meski kegiatan menyikat gigi ini sudah dilakukan semua orang, bahkan orang tua telah mengajarkan anaknya untuk sikat gigi sejak dini, namun masih banyak yang keliru soal waktu dan cara menyikat gigi yang benar. 

Karena itulah pihak puskesmas Kota Curup sengaja datang ke MIN 01 Dusun Curup untuk mensosialisasikan cara menyikat gigi yang baik dan benar terkhusus kepada siswa-siswi kelas satu. Tentu saja kegiatan ini disambut baik oleh pihak sekolah dan siswa-siswi sendiri. Masing-masing siswa membawa sikat gigi dari rumah, satu buah cangkir dan pasta. 

Penyuluhan dimulai dengan menunjukkan bentuk gigi pada manusia, lalu memaparkan urgensi menyikat gigi beserta bahaya yang ditimbulkan jika tidak memelihara kesehatan gigi. Setelah itu, Tim Puskesmas menjelaskan cara menyikat gigi sembari diikuti oleh para siswa. Untuk gigi depan, penyikatan dilakukan dengan cara naik turun dan perlahan. Hal ini bertujuan agar sisa makan terangkat semua dari sela gigi. 

Sedangkan untuk gigi kanan dan kiri dilakukan dengan cara memutar perlahan. Waktu menyikat gigi sendiri sebaiknya dilakukan minimal dua kali sehari, yakni setelah sarapan pagi dan menjelang tidur. Tetapi jika ingin lebih, boleh-boleh saja. Seperti saat usai makan siang misalnya. 

Dengan adanya penyuluhan ini, diharapkan para siswa MIN 01 Dusun Curup khususnya kelas satu dapat termotivasi untuk selalu menjaga kesehatan gigi agar tidak rusak di usia dini. Lebih dari itu, menjaga kebersihan dan kesehatan anggota tubuh juga merupakan kewajiban setiap orang sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT yang telah menganugerahkan jasmani yang baik dan sempurna.

Penulis : D.Siregar/C **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :