Tingkatkan Wawasan Kepemimpinan, Ka. Kankemenag Benteng Kunjungi Pemkot Bandung

Tingkatkan Wawasan Kepemimpinan, Ka. Kankemenag Benteng Kunjungi Pemkot Bandung

Bengkulu (Informasi dan Humas) 19/6- Salah satu program kurikum Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan III (Diklatpim III) angkatan XLII adalah staudy banding ke beberapa instansi pemerintah dan swasta yang dianggap memiliki kemajuann dan terdapat ide inovasi dan ide kereatif yang dapat diambil untuk dijadikan bahan bagi peserta dalam mengimplimentasikan antara teori dan nantinya akan aplikasikan ditempat kerjanya masing-masing peserta.

Salah satu yang dikunjungi adalah oleh Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Tengah Drs. H. Ajamalus, MH dan peserta Diklat lainnya adalah Pemerintah Daerah Kota Bandung Provinsi Jawa Barat. Pemerintah Jawa Barat, khususnya Pemerintah Daerah Kota Bandung dianggap salah satu Pmerintah Kota yang mengalami kemajuan yang signifikan. 

Pada hari rabu, 18 Juni 2014 tepat pada pukul 09.00 WIB Kepala Kemenagab Bengkulu Tengah beserta rombongan tiba di Gedung Auditorium Rosada Pemda Kota Bandung dan disambut langsung oleh para pejabat Pemda Bandung mewakili Walikota Bandung Muchammad Riduan Kamil karena Walikota Bandung berhalangan hadir disebabkan ada acara yang harus beliau hadiri.

Walikota Bandung dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan, menjelaskan beberapa prestasi dan ide kreatif yang telah diwujudkan oleh Bapak Walikota Mochhammad Riduan Kamil selama kepemimpinannya yang baru lebih kurang satu tahun ini, antara lain berhasil meraih prestasi kelas dunia, dimana pada tahun 2013 Walikota Bandung mendapat Riward dan dinobatkan sebagai walikota terbaik sedunia dalam persi pertemuan seluruh Walikota sedua di Singapure tahun 2013.

Ada bebebrapa ide inovasi dan ide kereatif yang dapat diambil dalam pertemuan study banding ke Pemda Kota Bandung ini, antara lain:

Pertama dibidang Pelayanan Publik; Layanan publik yang dilakukan oleh Pemda Kota Bandung Bandung adalah pelayanan yang mneggunakan Clein Service artinya, pelayanan yang benar-benar dilakukan untuk kepentingan pelanggan atau pelayanan yang memberikan kepuasan kepada masyarakat.

Kedua penanaman Komitmen dan Integritas kerja para pejabat dan pegawai; Disiplin kerja adalah suatu hal yang menjadi prioritas bagi Walikota Bandung untuk mencapai kinerja yang efektif dengan pola penerapan penanaman sikap komitmen dan integritas kepada para pejabat dan karyawan secara baik dan merata.

Ketiga ide inovasi kalaborasi lokasi pemakaman menjadi sebuah taman ruputisasi; Salah satu yang unit ide inovasi dan ide kereatif Penda Kota Bandung adalah mendesain lokasi pemakaman menjadi sebuah taman yang indah dan menghilangkan kesan seram sebuah kuburan dengan cara melakukan “Ruputisasi” disemua lokasi pemakaman/kuburan.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Tengah Drs. H. Ajamalus, MH ketika dikonfirmasi oleh operator Website Kemenag benteng Anita, S.Pd.I mengucapkan syukur atas kesempatan kunjungan study banding di Pemda Kota ini, karena dengan study banding ini dapat menambah wawasan kepemimpinan dan pengalaman unit, khususnya dalam penataan lokasi pemakaman menjadi sebuh lokasi pertamanan yang indah yang dapat menghilangkan kesan yang seram dan menakutkan selama ini.

Penulis : Anita/C **
Redaktur : H.Nopian Gustari

Bagikan :