Ka.Kemenag Benteng Berdayakan Team Work Dalam Menjalankan Tugas

Ka.Kemenag Benteng Berdayakan Team Work Dalam Menjalankan Tugas

Bengkulu (Informasi dan Humas) 13/6 – Salah satu ciri pemimpin yang profesional adalah pemimpin yang mampu memberdayakan Tean Work dalam melaksanakan program kerja dalam mencapai sutu tujuan bersama dalam sebuah organisasi berdasarkan Visi dan Misi yang telah dirumuskan secara bersama-samaehingga roda organisasi dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Demikian dijelaskan oleh Ibuk Dr. Ispawati, MM salah seorang Widiyaiswara Pusdiklat Tenaga Administrasi saat memberikan materi Diklat dengan judul Pemberdayaan Team yang Efektif dalam sebuah organisasi (Kamis,12/06/2014). 

Dalam kesempatan itu, Beliau menjelaskan akan pentingnya Tea Work yang kuat dalam melaksanakan suatu program kerja dalam sebuah organisasi. Oleh karena itu pemimpin yang profesional adalah pemimpin yang mau dan mampu memberdayakan Team Work dalam sebuah sistem organisasi.

Ditambahkan Ibu Dr. Ispawati, MM, paling tidak ada Empat komponen kerja tim tersebut dirumuskan dalam istilah TEAM, yaitu Togetherness, Emphaty, Appreciate, and Motivation. Mengarahkan tim menuju tahap Next Level berarti membangun sebuah tim yang: 

  1. Merupakan sekumpulan orang berkeahlian tinggi dan interaktif yang menggunakan ide dan motivasi dari semua anggota tim 
  2. Menggunakan penyebaran informasi untuk membangun tingkat kepercayaan dan tanggung jawab yang tinggi 
  3. Menggunakan batasan yang jelas untuk menciptakan kebebasan dan tanggung jawab untuk menyelesaikan tugas secara efisien 
  4. Secara efektif menggunakan waktu dan bakat anggota dan pemimpin timnya,menggunakan keahlian pengelolaan diri untuk membuat keputusan tim dan menciptakan hasil yang luar biasa bagi tim, anggotanya, dan organisasinya. 

Dikatakan juga Tim memungkinkan organisasi untuk lebih gesit, lebih fleksibel dan lebih tanggap dalam menghadapi suatu tantangan atau masalah dan persaingan. Selain itu banyak pemimpin yang menganggap bahwa tim dapat memotong jalur birokrasi organisasi dan memperlancar perkembangan ide baru. Sebagai hasilnya inovasi, efisiensi dan produktivitas dapat meningkat ujarnya.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Tengah Drs. H. Ajamalus, MH mengharapkan materi yang disampaikan oleh Ibuk Ispawati, MM ini dapat diimplementasikan dalam pengembangan dan peningkatan kinerja organisasi, khususnya peningkatan kinerja Tea Work yang ada di Kantor Kemenag kabupaten Bengkulu Tengah harapnya. 

Penulis : Anita/C **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :