MIN Dusun 01 Dusun Curup Gelar Pelepasan Siswa/i Kelas VI

MIN Dusun 01 Dusun Curup Gelar Pelepasan Siswa/i Kelas VI

Bengkulu (Informasi dan Humas) 9/6- Ada pertemuan pasti ada perpisahan. Tak perlu disesali, pun ditangisi. Sebab segala sesuatunya akan bermuara pada perpisahan, seperti juga bumi yang akan menemui ajalnya saat masanya datang.

Begitulah, masa akan membawa pada akhir dari segala sesuatu. Maka sebelum masa itu datang, persiapkan segalanya dengan matang, baik mental maupun fisik. Sama halnya dengan ketika pertama kali memantapkan hati memilih sekolah untuk menimba ilmu, ada limit waktu untuk menuntaskan studi di sana. Tentu saja selama proses pembelajaran berlangsung, ada keterkaitan hati antara siswa, guru dan nama sekolah itu sendiri. Jadi wajar saja saat perpisahan datang, rasa sedih merundung. Tapi sekali lagi, segalanya bukan untuk ditangisi, tapi disyukuri.

Agar memiliki kesan, maka peristiwa perpisahan ini dikemas dalam sebuah acara yang kemudian disebut Pelepasan Siswa-Siswi yang telah menyelesaikan studi pada jenjang pendidikan dasar ini. MIN 01 Dusun Curup sendiri memilih hari Selasa, 3 Juni 2014 sebagai hari pelepasan dan serah terima kembali antara pihak sekolah dengan wali siswa. Acara ini dihadiri oleh Kasi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kab. Rejang Lebong, Bapak Drs. Kadar Najmidin, beberapa kepala MI yang ada di Rejang Lebong, para undangan dan wali siswa. 

Acara ini dimeriahkan oleh penampilan siswa dari masing-masing kelas yang beragam. Ada tari Melayu dari kelas 1, Tari Tanggai oleh kelas 6, musikalisasi puisi dari kelas 5, hafalan surah pendek dan doa harian dari kelas 3, dan penampilan-penampilan lain yang amat memukau. Seluruh siswa-siswi kelas 6 sendiri menampilkan paduan suara dengan membawakan lagu Hymne Guru, Terimakasihku, dan Sayonara. 

Sementara itu, kepala MIN 01 Dusun Curup, Bapak Wawan Herianto, S.Pd. MM dalam sambutannya menghimbau kepada seluruh siswa yang akan menjadi alumni agar tetap melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, menjaga nama baik MIN di mana pun berada, tetap berakhlak dan menjaga adab, serta tetap bekerja sama dan bersilaturrahim sekali pun sudah tidak bersekolah lagi di MIN 01 Dusun Curup.

Terakhir, acara ditutup dengan salam-salaman dan bermaaf-maafan antara siswa, dewan guru dan seluruh wali siswa yang berhadir. Kemudian dilanjutkan dengan makan siang bersama sembari dihibur oleh orgen tunggal yang sejak pagi turut berpartisipasi dalam acara. 

Penulis : D. Siregar/C **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :