MIN Pondok Kubang Gelar Khatam Al Quran di Hari Perpisahan

MIN Pondok Kubang Gelar Khatam Al Quran di Hari Perpisahan

Bengkulu (Informasi dan Humas) 9/6- Acara pelepasan siswa/i kelas VI MIN Pondok Kubang Kabupaten Bengkulu Tengah Tahun Pelajaran 2013/2014 yang dilaksanakan di halaman madrasah (selasa, 3/6) berlangsung meriah. 

Tampak hadir dalam acara tersebut yaitu, Kasi Pendis Kemenag Benteng, Camat Kec. Pondok Kubang, Kepala Desa Pondok Kubang dan Desa Anyar, Ketua Adat desa Pondok Kubang dan Desa Anyar, Tokoh Masyarakat Desa Pondok Kubang, Kepala-kepala Madrasah, Pengawas, Wali murid beserta masyarakat Desa Pondok Kubang.

Acara pada pagi hari itu diawali dengan khidmatnya alunan dzikir dan suara tabuhan rebana yang dimainkan oleh Grup Sarapal Anam Desa Pondok Kubang. Grup sarapal anam ini sengaja diundang untuk ikut mengisi acara pada hari itu.

Tepat sesaat alunan dzikir dan rebana berhenti, tampak dari kejauhan iring-iringan rombongan siswa laki-laki kelas VI yang memakai seragam gamis putih lengkap dengan sorban, dan siswa perempuan yang mengenakan baju pengantin adat bengkulu, di iring oleh ibu-ibu yang membawa dulang (nampan) yang berisi nasi Jamar kemat kaji (dalam bahasa indonesia berarti : nasi kuning yang di atasnya diletakkan ayam, nasi kuning ini nantinya akan di berikan untuk guru yang telah mengajarkan anak dalam mengaji hingga ia khatam qur’an) yang di hias dengan bendera kemat kaji. Rombongan ini didampingi oleh Kepala Madrasah, Emiyati, M.Pd dan Kasi Pendis Kab. Benteng, Rizal, S.Pd.I, M.Pd. Rombongan ini di larak (di iring dengan tabuhan rebana dan dzikir) dari kediaman kepala desa yang tak jauh dari madrasah hingga sampai di gerbang madrasah. 

Siswa/i kelas VI ini nantinya akan melaksanakan Khatam Al Quran secara bersama. Ide pelaksanaan Khatam ini berdasarkan adat dari suku lembak delapan, khususnya Desa Pondok Kubang. Bagi yang akan melaksanakan Khatam Al Quran, yang kebanyakan dilaksanakan saat acara pernikahan, biasanya mengenakan pakaian haji lengkap dengan sorbannya (bagi laki-laki) dan jika perempuan mengenakan pakaian adat bengkulu lengkap dengan kerudungnya.

Rombongan kelas VI yang telah tiba di gerbang Madrasah disambut dengan tarian persembahan yang dibawakan oleh Siswa/i MIN Pondok Kubang. Siswa/i yang sudah dilatih beberapa minggu menjelang perpisahan akhirnya bisa membawakannya dengan sempurna, hingga para tamu dan undangan yang menyaksikan tampak terpukau dan berdecak kagum.

Disampaikan oleh Kepala Madrasah, Emiyati, M.Pd, bahwasanya pelepasan siswa/i kelas VI tahun 2014 ini agak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Karena pada tahun ini diadakan Khatam Al Quran bagi siswa/i kelas VI. Ia sangat bersyukur karena keinginan yang sudah lama ia rencanakan tersebut akhirnya bisa terlaksana juga pada hari ini berkat usaha, kerja keras dan kerjasama dari rekan-rekan dewan guru dan komite madrasah. Selain itu dengan siswa/i kelas VI mengkhatamkan Al quran ini, berarti salah satu target dari MIN Pondok Kubang yaitu setelah tamat dari MIN Pondok Kubang siswa dapat membaca dan menulis Al Quran juga tercapai. Karena sebagai sekolah yang berpondasikan agama, sudah selayaknya para siswa/i yang sudah lulus dari Madrasah ini bisa membaca dan menulis Al Quran, dan juga bisa melaksanakan ibadah-ibadah lainnya sebagai bekal mereka dihari kemudian.

Selain berusaha keras dalam bidang keagamaan sebagai sekolah yang memang berlatarkan agama, dalam bidang studi umumpun MIN Pondok Kubang juga tidak ketinggalan, hal ini dibuktikan dengan prestasi-prestasi yang telah diraih oleh para siswa dan madrasah. Beberapa prestasi yang pernah diraih MIN Pondok Kubang yaitu, Juara 1 Lomba Sekolah Sehat Sekabupaten Benteng Pada Tahun 2011, Juara 1 Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi Bengkulu Tahun 2012 dan mewakili Provinsi Bengkulu di tingkat Nasional, Juara 1 Lomba Tenis Meja pada ajang O2SN tingkat Kab. Benteng Tahun 2013 dan 2014, serta deretan prestasi-prestasi lainnya.

Ditambahkan oleh Kasi Pendis Kemenag Benteng Rizal, S.Pd.I, M.Pd yang pada hari itu juga sekaligus mewakili Ka. Kemenag Benteng yang berhalangan hadir karena  mengikuti kegiatan MIN Talang Empat, menyampaikan apresasinya kepada MIN Pondok Kubang, karena merupakan madrasah yang pertama di Kabupaten Bengkulu Tengah yang melaksanakan Khatam Al Quran Masal bagi Siswa/i kelas VI. Selanjutnya ia berharap semoga kegiatan tersebut bisa menjadi contoh bagi madrasah-madrasah lainnya yang ada di kab. Benteng.

Dalam kesempatan itu, Ka. Madrasah, Emiyati, M.Pd mewakili keluarga besar MIN Pondok Kubang menyampaikan ucapan terimakasih kepada para guru dan kepala madrasah yang dahulu telah berjuang di MIN Pondok Kubang. Ucapan terimakasih yang tak terhingga atas perjuangan dan jasa mereka dalam membangun dan memajukan MIN Pondok Kubang ini di iringi dengan pemberian bingkisan secara langsung dari Ka. Madrasah Emiyati, M.Pd.

Adapun guru-guru yang pernah mengabdi di MIN Pondok Kubang yang hadir pada hari itu yaitu, Abd. Jalil, Keluarga Ishak Ali (Alm), Keluarga Alwi S (Alm), Abd. Hakim, S.Pd, Mulyati, S.pd.I, Salimah, S.Pd, Sri Hartati, S.Pd, dan Amron Kanedi, S.H.

Acara yang berlangsung hingga siang ini juga ikut dimeriahkan oleh pertunjukan dari siswa/i MIN Pondok Kubang diantaranya Paduan Suara Kelas VI, Tarian Benteng, dan Paduan Suara Siswa/i MIN Pondok Kubang yang menyanyikan lagu “Sholatun”, lagu ini berhasil dibawakan dengan baik dan mengundang perhatian dari para undangan yang hadir pada hari itu, dan lagu tersebut mendadak populer di Desa Pondok Kubang setelah di tampilkan oleh Siswa/i MIN Pondok Kubang di panggung perpisahan.

Penulis : Eni/C **Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :