Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan Pusat Kunjungi MTs Baitul Makmur

Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan Pusat Kunjungi MTs Baitul Makmur

Bengkulu (Informasi dan Humas) 5/6- MTs Baitul Makmur Mendapat Kunjungan dari LITBANG Jakarta yang akan mengadakan penelitian dan Pendataaan Monografi Madrasah Tsanawiyah Unggulan di MTs. Baitul Makmur Mengenai beberapa Program dan Perkembangan yang terjadi di MTs Baitul Makmur Curup, Kamis (5/6).

Kualitas dan kuantitas siswa merapakan suatu aspek yang akan akan diteliti oleh Team LITBANG di usianya yang masi tergolong baru sudah mendapat predikat siswa terbanyak se Provinsi Bengkulu. dengan adanya penelitian ini di harapkan kedepan Madrasah lebih berkembang baik dari segi kualitas dan kuantitas siswa itu sendiri serta menjadi refrebsibagi madrasah-madrasah yang sudah ada. 

Madrasah Tsanawiyah (MTs) Baitul Makmur merupakan salah satu dari cabang Yayasan Islamic Centre yang bergerak dan berjuang didalam dunia pendidikan Rejang Lebong. Madrasah yang didirikan pada tahun 2000 ini masih cukup belia dalam usia namun tidak kalah dalam segi kualitas dan kuantitasnya mewarnai pendidikan yang ada di Rejang Lebong.

”Bagaimana Out put dan input siswa” tanya Hj. Sumarni, M. Si Team dari Puslitbang Pendidikan agama dan keagamaan . untuk mendapatkan out put yang baik MTs Baitul Makmur Curup mengadakan Test masuk, yang bertujuan utnuk mengetahui kemmapuan siswa di bidang keilmuannya. ”test yang dilakukan adalah untuk memngetahui kemampuan siswa dan bagai mana upaya dan madrasah meberikan solusi utnuk menjadikan siswa lebih baik”, tegas H. Usep Saepudin, S.Ag. M.Pd.

Selain memamparkan mengenai kurikulum Kepala madrasah juga menjelaskan salah satu program unggulan yang ada di MTs. Baitul Makmur Curup diantaranya Program Ibadah Amaliyah yaitu suatu program bina baca al-quran dan ibadah harian yang di bimbing oleh tiap guru yang berada di MTs. Baitul Makmur Curup dengan demikian secara tidak langsung seluruh guru dan tenaga pendidik mempunyai kompetensi baca alqur’an dan ibadah amaliayah.

MTs Baitul Makmur juga sama halnya dengan sekolah umum lainya akan tetapi hampir 90% pendidikan yang ada dilamnya adopsi dari pendidikan Boarding School yang diterapkan untuk membina dan mengajarkan para santrinya. Kurikulum yang berjalan di MTs Baitul Makmur adalah kurikulum DIKNAS dan KEMENAG yang dikemas lagi dengan Kurikulum Yayasan dengan beberapa Program Khususnya demi mempersiapkan generasi yang siap diterjunkan kemana saja. MTs Baitul Makmur juga termasuk salah satu sekolah swasta yang mempunyai siswa terbanyak se-provinsi Bengkulu dengan jumlah santri 466.

Menyalurkan bakat para siswa ke berbagai bidang yang mereka minati adalah salah satu kiat pengembangan diri. Disamping tugas pokok sebagai pelajar, yaitu menuntut ilmu, baik ilmu duniawi maupun ilmu ukhrowi, mereka pun dituntut memiliki keahlian dan keterampilan lain. Yang sudah barang tentu pada gilirannya nanti, keahlian dan keterampilan tersebut akan membawa manfaat besar dalam kehidupan sosial kemasyarakatan dimanapun mereka berbeda. Dalam hal ini keterampilan berbahasa Arab dan Inggris bagi pelajar di Madrasah Tsanawiyah Baitul Makmur Curup

Penulis : Usep/B **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :