Kemenag Seluma Gelar Pembinaan Imam Khatib

Kemenag Seluma Gelar Pembinaan Imam Khatib

Bengkulu (Informasi dan Humas) 3/6- Sebuah Masjid akan makmur jika Imam dan Khatib bisa menjalankan Tupoksinya dengan baik. Untuk mewujudkan hal tersebut maka pada hari Senin tanggal 02 Juni 2014 yang bertempat di Aula Hotel Sartika pukul 09.00 WIB s/d selesai dengan mengundang Imam, Khatib dan Tokoh Agama di Kabupaten Seluma berjumlah 30 orang Kemenag Kab. Seluma mengadakan pembinaan Imam-Khatib dengan tema Melalui Pembinaan Imam-Khatib “Kita Tingkatkan Kualitas dan Pemahaman Syari’at Islam dalam usaha memakmurkan Masjid di Kabupaten Seluma”.

Pembinaan Imam-Khatib ini menghadirkan 4 orang narasumber yaitu, H. Sipuan, S.Ag. MM, H. Ahmad Tarmizi, S.Ag, Aidi Muksin, S.Sos.I dan H. Ahmat Marhaen, S.Ag. Masing-masing narasumber menyampaikan dan membahas materi yang sudah disiapkan.

Kepala Kantor Kementerian Agama H. Sipuan, S.Ag.MM dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa Imam kecamatan di 14 Kecamatan sudah menerima Honor yang sudah ditransfer ke rekening masing-masing. Selanjutnya Beliau mengatakan untuk Imam di setiap desa sudah disampaikan data-datanya ke Pihak Pemda mengenai honor di masa yang akan datang. 

Imam kecamatan bukan dipilih dan ditunjuk oleh Kepala Kemenag akan tetapi Kepala KUA yang menentukan dan memilihnya, Masjid kecamatan yang dimaksud idealnya berada di pusat kecamatan. Peserta yang hadir akan mendapatkan buku panduan melalui Kepala KUA masing-masing Kecamatan tentang Tugas Imam-Khatib tujuannya agar Imam-Khatib mengetahui hal-hal yang harus dikerjakan selaku Imam-Khatib.

Kepala Kantor Kementerian Agama berharap semua peserta yang hadir bisa mencerna sekaligus menerapkan materi yang didapat selama mengikuti pembinaan ke desa masing-masing. Tujuan diadakannya pembinaan Imam-Khatib adalah Meningkatkan Kualitas dan pemahaman Imam-Khatib dalam melaksanakan tugas serta Meningkatkan pelaksanaan memakmurkan masjid. 

Penulis : Ujang Basrum, S.Pd.I/C **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :