KUA Curup Selatan Ikuti Pawai Adat Bersama

KUA Curup Selatan Ikuti Pawai Adat Bersama

Bengkulu (Informasi dan Humas) 22/5- Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Curup ke 134 Pemda Kab. Rejang Lebong memeriahkan dengan berbagai acara kegiatan yang sangat menarik dan menyenangkan bagi masyarakat Kota Curup khususnya dan masyarakat Rejang Lebong pada umumnya, mengambil tema “ Dengan Hari Jadi Kota Curup ke 134 tahun 2014 tingkatkan Rejang Lebong yang lebih baik“.

Kegiatan HUT tersebut berlangsung mulai hari Rabu , 21 – 28 Mei 2014. Hari ini 21 Mei 2014 kegiatan diawali dengan acara jalan santai pawai adat yang di ikuti seluruh Kecamatan, dinas instansi, kantor, badan, sekolah dan organisasi kemasyarakatan lainnya. Dalam hal ini Kecamatan Curup Selatan bersama KUA Kecamatan ,instansi, Kades/Lurah , perangkat agama, tokoh masyarakat lebih kurang 550 orang peserta , juga ikut ambil bagian memeriahkan acara pawai adat tersebut. 

Star di Kelurahan Air Rambai Depan Jalan Iskandar Ong dan finish di lapangan Setia Negara Curup. Setelah semua peserta pawai selesai sekitar jam 10.30.00 Wib dilanjutkan dengan acara pembukaan hari jadi Kota Curup ke 134 oleh Bapak Bupati RL H.Suherman,SE.MM dan di akhiri dengan acara kedurai agung dengan di tandai pemukulan kentongan oleh Bapak Bupati Rejang Lebong H.Suherman,SE.MM di iringi dengan ritual syukuran bertempat di lapangan Setia Negara Curup Rejang Lebong.

Berbagai acara dapat diikuti oleh masyarakat Kabupaten Rejang Lebong diantaranya , jalan santai, lomba qosidah, lomba masak serba ikan, lomba dangdut, lomba cerita rakyat, lomba busana adat tingkat TK dan Paud dan umum, lomba lagu rejang, lomba bekulo, lomba tari kejei dan lain sebagainya. Tak kalah pentingnya ada berbagai hiburan pegelaran wayang golek di Balai Agung Setia Negara, Disamping itu pula tak kalah pentingnya untuk masyarakat ada pameran dan Bazar murah berbagai produk unggulan daerah, kerajinan, furniture, produk perkayuan, perlengkapan rumah tangga, cendra mata , mainan anak , produk tekstil, agro industry, perbankan, elektronik, jasa sablon, batu akik cincin dan produk lainya ada di lapangan Setia Negara dapat kita saksikan dan bisa berbelanja murah. 

Dari unsur Pemerintah juga ambil bagian yaitu 15 Kecamatan dengan standnya masing-masing yang ditata apik di tambah Dinas Instansi, Kantor, Badan, TNI dan Polri juga ikut memeriahkan dengan memperlihatkan dan memamerkan produk andalan mereka sesuai dengan Tupoksi (tugas dan fungsi ) Kantor mereka masing-masing. Ini adalah waktu dan kesempatan bagi masyarakat untuk mengetahui berbagai informasi berharga berupa program pemerintah , Dinas Instansi, Kantor, Badan yang akan diterapkan tahun 2014. Contoh dinas peternakan, masyarakat dapat bertanya tentang program budi daya ikan tawar, udang dan lainya. Bidang pertanian masyarakat juga dapat bertanya yang berhubungan dengan pertanian, pupuk, bibit dan lain sebagainya untuk meningkatan pendapatan petani seperti kopi, sayuran , buah-buahan dan lain sebagainya. 

Ada banyak hal yang dapat kita petik dalam hal ini, selain sebagai ajang hiburan bagi masyarakat Kota Curup dan masyarakat Rejang Lebong, HUT Kota Curup dapat dijadikan wahana pembelajaran dan evaluasi terhadap proses keberasilan pembanguanan di Rejang Lebong pada umumnya. Seperti yang di sampaikan Bupati Rejang Lebong H.Suherman,SE.MM “ Pekan budaya Pat Petulai tahun 2014 untuk proses pembelajaran betapa pentinya sektor keagamaan dan budaya dalam membangun Kabupaten Rejang Lebong kearah yang lebih baik di masa-masa yang akan datang, Amiin. 

Penulis : H.Suryono,S.Ag .MPd/C **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :