Ka.MAN Curup Beri Pembinaan Bagi Anggota Pencak Silat

Ka.MAN Curup Beri Pembinaan Bagi Anggota Pencak Silat

Bengkulu (Informasi dan Humas) 16/5- Kepala MAN Curup Drs. Abdul Munir M.Pd Memberikan pembinaan kepada anggota Pencak Silat yang ada di MAN Curup, latihan diadakan di komplek MAN Curup pada hari Minggu puku 80.00 Wib.

Dalam arahannya Abdul Munir menyatakan banyak manfaat yang diperoleh dalam pembelajaran pencak silat, seperti pengembangan kognitif, afektif, dan psikomotor. Kemampuan kognitif berkembang sejalan dengan diberikannya latihan-latihan konsep pencak silat, proses berfikir cepat dalam menghadapi permasalahan yag segera dipecahkan, dan pengambilan keputusan secara tepat dan akurat. 

Kemampuan afektif berkemabang sejalan dengan diberikan latihan-latihan yang mengarah pada sikap sprotivitas, saling menghargai/menghormati, sesama teman latih tanding, displin, rendah hati, sesuai dengan falsafah pencak silat. Sedangkan kemampuan psikomotor berkembang sejalan denga diberikannya latihan-latihan yang mengarah dengan aktivitas jasmani, seperti pembelajaran pencak silat yang dinamis, menantang, menyenangkan.

Pendidikan pencak silat dapat memberi sumbangan dalam pembangunan manusia Indonesia seutuhnya dalam rangka pembangunan seluruh masyarakat Indonesia, serta merupakan “character and nation building”. Nilai-nilai luhur pencak silat terkandung dalam jati diri yang meliputi 3 hal pokok sebagai satu kesatuan, yaitu : (1) Budaya Indonesia sebagai asal dan coraknya, (2) Falsafah budi pekerti luhur sebagai jiwa dan sumber motivasi penggunanya, (3) pembinaan mental spiritual / budi pekerti, bela diri, seni, dan olahraga sebagai aspek integral dan subsatansinya.

Diakhir Kesempatan itu pula Abdul Munir berpesan Agar Siswa dan Siswi MAN Curup jangan menjadikan pencak silat semata-mata untuk ajang gagah-gagahan maupun ajang untuk tauran tetapi lebih kepada menanamkan sportifitas dan disiplin dalam tindakan dan prilaku sehari-hari.

Penulis : Syaiful Antoni/C **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :