Peserta Diklat TU Balai Diklat Keagamaan Palembang OL di SMAN Internasional

Peserta Diklat TU Balai Diklat Keagamaan Palembang OL di SMAN Internasional

Bengkulu (Informasi dan Humas) 16/5- Sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan panitia Pendidikan dan Latihan Tata Usaha di Balai Diklat Keagamaan Palembang, Rabu 14 Mei 2014 seluruh peserta Diklat Tata Usaha mengadakan Observasi Lapangan yang bertempat di SMA Negeri Sumatera Selatan ( Sampoerna Academy ).

Sebelum keberangkatan acara diawali dengan pengarahan dari pembimbing Oservasi Lapangan Drs.H.Syarnubi Som, MM. M.Pd I. kemudian seluruh peserta diberangkatkan ke tempat Observasi yang telah ditunjuk.

Sesampai di SMA Negeri Sumatera Selatan, kami disambut dengan ramah oleh pihak sekolah terutama siswa-siswinya yang begitu sudah terlatih dalam menyambut tamu, yang menariknya kami juga disambut juga oleh Putri Sumatera Selatan yang berasal dari SMA Negeri Sumatera Selatan ( Sampoerna Academy ).

Acara resmi diadakan di ruang serba guna, dengan diawali kata sambutan dari perwakilan Dinas Pendidikan Kota Palembang, kemudian Sambutan dari Kepala SMA Negeri Sumatera Selatan Renolf Hutabarat, dan dilanjutkan dengan pembimbing dari Balai Diklat Keagamaan Palembang.

Observasi dibagi menjadi 3 kelompok, yang pertama kelompok kepegawaian, yang kedua kelompok kesiswaan dan yang ketiga kelompok perpustakaan dan laboratorium. Kami dipandu oleh guru dan pendamping yang telah ditunjuk dari pihak SMA Negeri Sumatera Selatan ( Sampoerna Academy ).

Dalam Observasi kami mendapatkan banyak pengalaman, karena di SMA Negeri Sumatera Selatan menggunakan 2 kurikulum, yang pertama kurikulum nasional dan kedua kurikulum International, jadi seluruh guru, staff berkomunikasi dengan siswa menggunakan Bahasa Inggris. Dan juga SMA Negeri Sumatera Selatan menerapkan manajemen perusahaan yang aplikasikan dengan pendidikan sehingga semuanya tertata dengan rapi, yang membunya Standara Operasional yang jelas.

Sebagai contoh dalam tata kearsipan mereka mempunya control arsip yang jelas, setiap dokumen mempunyai kode tersendiri sehingga dokuen mereka terkendali. Begitupun dengan perpustakaan dan laboratorium didesain bagaimana siswa – siswi merasa senang untuk belajar disana.

Diakhir observasi kami diajak coffee break dengan menyuguhkan makanan special Palembang pempek sambil Tanya jawab dengan pihak SMA Negeri Sumatera Selatan. Sebelum pulang kami diajak photo bersama oleh kepala SMA Negeri Sumatera Selatan ( Sampoerna Academy ). 

Penulis : Pri Bronson/C **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :