9 Pegawai Kanwil Kemenag Bengkulu Ikuti Tes Calon Petugas Haji

9 Pegawai Kanwil Kemenag Bengkulu Ikuti Tes Calon Petugas Haji

Bengkulu (Informasi dan Humas) 8/5- Sebanyak 9 orang pegawai Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu ikuti tes seleksi calon petugas haji tahun 1435 H/2014 M yang terdiri dari 7 calon petugas PPIH dan 2 calon petugas TPHI di Aula Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Rabu (7/5). 

Pelaksanaan tes yang dimulai pukul 08:00 WIB tersebut diawali dengan arahan dari panitia penyelengara seleksi tes calon petugas haji, H.Matridi,M.AP terkait dengan tata cara pengisian soal serta waktu pelaksanaan ujian tersebut. 

Dalam kesempatan itu, panitia penyelenggara juga menunjukkan segel soal yang masih dalam kondisi tertutup yang artinya soal tersebut tidak terjadi kebocoran yang langsung dikirim dari pusat kepada seluruh Kanwil Kemenag dan Kemenag Kabupaten/Kota. 

Sementara itu, Kabid Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Drs.H.Zahdi Taher,MHI ketika dikonfirmasi menjelaskan bahwa soal tes yang diujikan terdiri dari pengetahuan umum terkait regulasi kebijakan penyelenggaraan ibadah haji serta soal terkait ibadah haji.

"Untuk soal tes sebanyak 10 soal, terbagi atas soal pengetahuan tentang penyelenggaraan ibadah haji serta praktek ibadah dan tes ini dilaksanakan serempak di sepuluh kabupaten/kota," tuturnya.

Hasil tes itu nantinya akan dinilai langsung oleh tim seleksi di masing-masing Kantor Kemenag Kabupaten Kota untuk selanjutnya yang dinyatakan layak dan memenuhi kriteria atau nilai tertinggi akan dikirim ke tingkat provinsi untuk mengikuti tes tahap II yang rencananya akan dilaksankan pada 14 Mei 2014 di Hotel Madelin Kota Bengkulu.

Pada musim haji tahun 1435 H/2014 M Provinsi Bengkulu mendapatkan kuota calon petugas haji sebanyak 16 orang petugas dengan rincian Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu 4 petugas, Kepahiang 2 Petugas, Kota 2 Putugas sedangkan 8 Kabupaten lainnya masing-masing mendapatkan 1 kuota petugas haji.

"Alhamdulilah tahun ini Provinsi Bengkulu mendapatkan kuota petugas haji sebanyak 16 orang terdiri dari TPHI 6 orang, TPIHI 6 orang dan PPIH sebanyak 4 orang," tutur Zahdi.

Penulis : Jaja **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :