KUA Sindang Kelingi Safari Jumat Di Masjid Nurul Mukmin

KUA Sindang Kelingi Safari Jumat Di Masjid Nurul Mukmin

Bengkulu (Informasi dan Humas) 6/5- Pada hari Jum’at tanggal 02 Mei 2014 Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Sindang Kelingi melaksanakan kegiatan safari berjum’at. Kegiatan ini dilaksanakan di Masjid Nurul Mukmin yang beralamat di Desa Cahaya Negeri Kecamatan Sindang Kelingi. 

Dengan hadirnya Kepala KUA Samijan, S.Ag.M.HI, di desa Cahaya Negeri Imam masjid Samsoli langsung meminta kepada Kepala KUA untuk bertugas sebagai Khotib dan sekaligus memimpin menjadi Imam shalat berjamaah

Dalam kegiatan shalat jum’at di Masjid Nurul Mukmin Desa Cahaya Negeri ini memang sudah direncanakan sebagai bentuk silaturahmi kepada masyarakat desa Cahaya Negeri untuk berkenalan dengan masyarakat desa setempat. 

Sebelum shalat jumat dimulai kepala KUA Sindang Kelingi diberi kesempatan untuk menyampaikan sepatah dua kata sambutan, dan kesempatan ini di pergunakan dengan sebaik-baiknya oleh kepala KUA untuk berkenalan serta menyampaikan program KUA kedepan serta menyampaikan beberapa syarat pendaftaran pernikahan sehubungan dengan adanya program pemerintah dari Bimas Islam Jakarta bahwa untuk kedepannya seluruh KUA harus sudah On-line dan pasangan calon pengantin diharafkan bisa mendaftar nikah dengan melalui media internet.

Media tersebut dikenal dengan sebutan SIMKAH yaitu Sistem Informasi Manajemen Nikah, dalam SIMKAH persyaratan diperketat lagi dan kedepannya Calon Pengantin Fotonya akan dilaksanakan di Kantor Urusan Agama, hal ini tentunya untuk menghindari kesalahan informasi dan memang foto catin diminta untuk mengisi data SIMKAH yang akan dikirim keserver Bimasislam Jakarta sebagai back up data, ujarnya.

Lebih jauh lagi kepala KUA menjelaskan bahwa setelah perangkat SIMKAH ada maka buku nikah tidak lagi ditulis tangan melainkan dicetak prit, sehingga buku nikah kelihatan rapi. Scan dan sidik jari catinpun akan diambil sebagai bahan dokumentasi tentunya. Hal ini dilakukan tentunya untuk menjaga kevalidan data Calon Pengantin Pada Kantor Urusan Agama diseluruh Indonesia

Usai shalat jumat bersama kepala KUA melanjutkan untuk bersilaturahmi ke rumah imam Samsoli dengan diselingi obrolan-obrolan ringan seputar program KUA Sindang Kelingi.

Penulis : Samijan/C **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :